Ganjar-Ridwan Kamil Unggah Foto Candaan Usai Jokowi Sebut 'Rambut Putih’, Anies Baswedan pun Pamer Cukur Rambut
Anies Baswedan/DOK FOTO via Instagram @aniesbaswedan

Bagikan:

JAKARTA - Kode politik ‘rambut putih’ yang dilontarkan Joko Widodo (Jokowi) akhir pekan direspons sejumlah tokoh yang digadang-gadang maju di Pilpres 2024.

Setelah Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil, giliran Anies Baswedan ‘pamer’ cukur rambut. Anies lewat akun Instagram @aniesbaswedan bercerita tentang Mas Novan, tukang cukur rambut langganannya.

Pertama kali berjumpa awal 2015, cukur rambut ketika baru awal-awal bertugas sebagai Mendikbud. Lalu di pertemuan kedua, dia bawa banyak foto saya hasil cari dari Google. Ditunjukkan mana-mana sisi yang bagus dan yang kurang, serta pilihan yang dia anjurkan,” kata Anies dikutip dari unggahannya, Senin, 28 November.

Anies bercerita, Mas Novan kerap melihat dirinya di televisi juga berita media online sambil memperhatikan rambut bakal capres NasDem ini.

“Dan ia perhatikan rambut saya sambil berpikir apa lagi yang perlu diperbaiki. Ini namanya tukang cukur yang bawa solusi dan selalu memperbaiki diri, bukan sekadar mengerjakan tugas,” sambung Anies Baswedan.

Mas Novan, kata Anies kerap dipanggil ke rumah untuk mencukur atau merapikan rambut. Anies kagum dengan mas Novan yang pekerja keras dan sangat memperhatikan detil.

“Saya juga pernah mampir ke rumahnya, sudah seperti keluarga,” katanya.

Dalam unggahannya, Anies sekaligus mempromosikan barbershop Mas Novan di Lebak Bulus 1 @arthamara.barbershop.

“Dan khusus bagi guru sedang ada promo pangkas rambut gratis sampai tanggal 30 November nanti,” kata Anies.

‘Rambut putih’ yang dilontarkan Jokowi saat bertemu relawan di GBK, Sabtu, 26 November akhir pekan lalu dikaitkan Jokowi dengan pemimpin yang bekerja untuk rakyat.

"Saya ulang, jadi pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari penampilannya, dari kerutan di wajahnya. Kalau wajahnya cling, bersih, tidak ada kerutan di wajahnya, hati-hati. Lihat juga, lihat rambutnya. Kalau rambutnya putih semua, ya ini mikirin rakyat ini," katanya.

Setelahnya, Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil dalam waktu terpisah sama-sama mengunggah foto di akun Instagram. Bedanya, Ganjar mengedit gaya dan warna rambut menjadi hitam, sedangkan Ridwan Kamil mengedit warna dan gaya rambut menjadi putih.