Bitcoin Sudah Efektif Gantikan Emas, Kata <i>Chairman</i> Virgin Galactic Chamath Palihapitiya
Chamath Palihatipiya Bitcoin gantikan Emas (TechCrunch)

Bagikan:

JAKARTA – Di tengah kenaikan harga Bitcoin (BTC) setelah mengalami crash beberapa waktu lalu, Chairman Virgin Galactic dan CEO Social Capital Chamath Palihapitiya menyebutkan bahwa Bitcoin sudah menggantikan emas dengan efektif. Palihapitiya juga memprediksi kapitalisasi pasar BTC akan terus tumbuh.

Pernyataan tersebut disampaikan Palihapitiya dalam sebuah acara Delivering Alpha Conference saat diwawancarai CNBC pada pekan lalu. Pada awal tahun 2021, Palihapitiya berspekulasi bahwa harga Bitcoin bakal tembus 200 ribu dolar AS dalam waktu lima tahun.

Mengomentari pernyataan tersebut, dia mengaku kesulitan memberi prediksi harga. Namun, Palihapitiya mengungkapkan bahwa Bitcoin sudah menggantikan emas.

“Sangat sulit bagi saya duduk di sini untuk memberi Anda prediksi harga, tetapi saya dapat dengan yakin mengatakan bahwa bitcoin, menurut saya, telah menggantikan emas secara efektif. Dan itu akan terus dilakukan. Dan kapitalisasi pasar itu hanya akan tumbuh,” kata Palihapitiya.

Chairman Virgin Galactic itu sudah lama menjadi seorang pendukung Bitcoin. Pada tahun 2013 lalu, dia membeli Bitcoin dalam jumlah banyak. Palihapitiya mengaku memiliki 5 persen dari total BTC yang beredar di pasaran.

“Pada 2013, saya membeli banyak dan pada satu titik saya pikir saya memiliki hampir 5% dari semua bitcoin. Dasar saya adalah sekitar 80 dolar per koin. Saya tidak pernah membeli lebih banyak,” ungkapnya.

Investor itu juga mengatakan bahwa dirinya tidak menginvestasikan uangnya dalam jumlah banyak selain di Bitcoin.

“Saya jelas tidak menaruh banyak uang di luar bitcoin. Anda tahu, puluhan juta, ratusan juta — seperti modal kecil sekarang. Itu bisa menjadi sangat besar. Tetapi terlepas dari apa yang saya lakukan, saya akan mengatakan bahwa kita semua perlu memperhatikannya karena saya pikir implikasinya sangat besar.”

Palihapitiya memaparkan bahwa mata uang kripto dan DeFi merupakan bagian dari Web 3.0, sedangkan Facebook dan Google hanya menguasai internet di versi sebelumnya. Dia mengatakan bahwa evolusi internet “adalah membangun kembali hal itu tanpa pemimpin yang jelas. Ini benar-benar tanpa pemimpin. Ini sepenuhnya peer-to-peer. Dan saya pikir itu menakutkan sekaligus menggembirakan.”

Semakin maraknya sejumlah pihak yang menilai bahwa regulator akan membunuh mata uang kripto seperti yang dikatakan oleh founder Bridgewater Associates Ray Dalio yang menilai bahwa pemerintah bisa membunuh mata uang krpto. Palihapitya menanggapi bahwa mematikan Bitcoin akan sangat sulit.

“Saya pikir sangat sulit untuk membunuh (Bitcoin). Secara teknis, itu sangat sulit. Seperti halnya arsitekturnya, ini adalah iterasi paling mendalam dari internet yang pernah kami lihat.”

Pernyataan tersebut senada dengan apa yang diungkapkan oleh bos Tesla Elon Musk yang menilai bahwa cryptocurrency mustahil dimatikan. Musk menyarankan supaya pemerintah “tidak melakukan apa pun” untuk mengatur kripto.