Bagikan:

JAKARTA – Aplikasi di App Store tidak terlalu banyak memakan ruang penyimpanan internal karena batasan yang diterapkan Apple. Selama bertahun-tahun, Apple membatasi ukuran aplikasi iOS hingga 2GB.

Batasan ini menjadi masalah bagi beberapa pengembang yang memerlukan lebih banyak ruang, khususnya untuk para pengembang aplikasi game. Pasalnya, aplikasi terus mengalami peningkatan sehingga ukurannya bisa mengalami perubahan.

Apple menyadari bahwa batas ukuran 2GB sudah terlalu kecil untuk diterapkan saat ini. Oleh karena itu, dalam catatan rilis iOS 18 beta 2 yang dilansir dari 9to5mac, Apple meningkatkan batasan ukuran aplikasi menjadi 4GB.

Artinya, para pengembang sudah bisa mendistribusikan aplikasi dengan ukuran lebih dari 2GB dan tidak lebih dari 4GB di App Store. Meski batasannya sudah ditambahkan, pengembang tetap bisa menerapkan sistem app bundle kecil.

Sistem ini mengizinkan pengembang untuk mendistribusikan aplikasi dalam ukuran yang kecil dan memperbesar ukurannya melalui penggunaan aplikasi. Setiap kali pengguna mengunduh level tambahan di game misalnya, kapasitas aplikasinya akan bertambah.

Ini merupakan cara yang tepat untuk menghemat penyimpanan. Pasalnya, pengguna aplikasi berat seperti game bisa mengatur penyimpanannya dengan menghapus aset yang tidak diperlukan. Cara ini akan membantu mengurangi penyimpanan.

Pembaruan kapasitas ini akan menguntungkan game konsol yang dihadirkan di iOS. Para pengembang bisa mengakses iOS 18 beta 2 untuk melihat pembaruan kapasitasnya atau menunggu hingga iOS 18 beta versi publik dirilis pada Juli mendatang.