Ajaib Kripto: Altcoin Menguat Ikuti Tren Positif Bitcoin
Tren Bitcoin positif (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Sepekan terakhir, pasar Aset  Kripto masih dalam tren positif. Pada Selasa, 7 November pukul 08.00 WIB, BTC bertengger di harga 34.930 dolar AS (Rp545 juta) melemah 0,37 persen dalam 24 jam terakhir, tapi masih menguat 1,45 persen dalam periode tujuh hari terakhir.

Kenaikan pasar kripto sepekan terakhir ini diikuti dengan kenaikan sejumlah altcoin. Cardano (ADA) memimpin dengan kenaikan 19,23 persen bertengger 0,3615 dolar AS atau Rp5.641. 

Diikuti dengan XRP menguat 19,05 persen bertengger di 0,69 dolar AS (Rp10.767),  Solana (SOL) dengan kenaikan sebesar 16,24 perawn sempat mencapai puncak 46,33 dolar AS (Rp723 ribu).  

Financial Expert Ajaib Kripto Panji Yudha mengatakan bahwa kenaikan altcoin disebabkan oleh Bitcoin yang telah mencapai puncaknya tahun ini, sehingga sebagian investor dan trader beralih ke altcoin untuk mencari keuntungan  lebih tinggi. 

“Sepanjang Bitcoin mampu bertahan di level tertingginya, altcoin masih berpeluang untuk mengalami penguatan. Namun, jika Bitcoin anjlok maka perlu waspada terhadap penurunan altcoin," jelas Panji. 

Menurut Panji, dalam sepekan ke depan, Investor perlu mencermati perkembangan lebih lanjut seputar ETF Bitcoin, di mana antisipasi jika terjadi aksi harga negatif dalam jangka pendek jika ETF spot Bitcoin kembali ditunda oleh SEC. 

Selain itu,  dalam SEC dengan Ripple yang sedang berlangsung, perkembangan selanjutnya diharapkan terjadi pada  9 November, sesuai dengan perintah pengadilan tertanggal 24 Oktober 2023.

"Baik SEC maupun Ripple diharuskan untuk mengusulkan jadwal pengarahan mengenai tuntutan yang dikenakan dalam kasus tersebut. Langkah ini mengikuti putusan pengadilan masalah penjualan institusional XRP masih belum terselesaikan," tandasnya.