Bagikan:

 

JAKARTA – Kemarin, Apple mengatakan kepada Tech Crunch bahwa perusahaan mereka tidak akan merilis personal computer all-in-one (AIO) dengan layar yang lebih besar daripada biasanya.

Dengan pernyataan ini, Apple tidak akan merilis perangkat iMac terbaru mereka dengan ukuran 27 inci. Sebenarnya, pernyataan ini sudah jelas terlihat dalam perilisan iMac M3 di Scary Fast akhir Oktober lalu.

Saat itu, perusahaan hanya mengumumkan iMac M3 dengan ukuran 24 inci. Mereka tidak menyinggung ukuran 27 inci selama acara berlangsung. Padahal, ukuran ini masih digunakan dalam perilisan iMac terakhir kali.

Beberapa pihak sebenarnya menyayangkan keputusan ini. Selain karena ukurannya yang tidak variatif, iMac M3 24 inci tidak memberikan kepuasan dari pembaruannya.

Apple hanya menunjukkan peningkatan yang luar biasa di chip mereka dan sepertinya abai dengan perkembangan desktopnya. Pasalnya, model M3 terbaru ini hanya membawa resolusi 4,5K.

Resolusi ini seperti membagi dua model iMac lama yang menggunakan resolusi 4K dan 5K. Tech Crunch pun melaporkan bahwa model iMac terbaru ini hampir tidak memiliki perubahan dari seri M1 yang dirilis tahun 2020.

Keputusan Apple ini bisa menutup jalur perkembangan iMac terbaru mereka. Perusahaan ini juga tidak memaksimalkan penggunaan chip M3 di iMac karena mereka hanya menggunakan chip M3 biasa.

Apple mungkin meluncurkan model iMac berikutnya dengan chip M3 Pro dan M3 Max, tetapi ketidakpastian dari perusahaan ini pasti memakan waktu. Saat ini, kita hanya bisa menerima model iMac M3 24 inci yang terasa seperti iMac M1.