Bagikan:

 

JAKARTA - Apple mengadakan even Scary Fast, Selasa 31 Oktober  dengan banyak pengumuman besar. Pengumuman ini mencakup peluncuran chip yang telah di-upgrade dan berbagai produk terbaru.

Dalam acara berdurasi 30 menit itu, Apple memperkenalkan chip M3 yang ditambahkan ke dalam iMac dan MacBook Pro model terbaru. Berikut sejumlah rincian yang sempat disampaikan Apple.

Chip M3 dengan Tiga Variasi

Seperti yang sudah diprediksi, Apple akhirnya meluncurkan chip M3 buatan mereka. Sama seperti sebelumnya, deretan chip ini terdiri dari versi M3 biasa, M3 Pro, dan M3 Max. Ketiga chip ini menggunakan prosesor 3 nanometer.

CPU dan GPU yang digunakan pada seri M3 ini tentu telah ditingkatkan. Masing-masing chip memiliki memori terpadu hingga 24GB, 36GB, dan 128GB. Ketiga chip ini telah ditambahkan sistem ray tracing, mesh shading, dan dynamic caching.

iMac dengan Lompatan Chip M3

Apple terakhir kali merilis iMac dengan chip M1 pada tahun 2021. Setelah beberapa tahun tidak mengeluarkan seri iMac dengan chip M2, Apple akhirnya memutuskan untuk merilis iMac dengan chip M3.

iMac terbaru ini berukuran 24 inci dengan layar Retina 4,5K dengan lebih dari 1 miliar warna yang ditampilkan. Perangkat keras ini juga mendukung Wi-Fi 6E dan webcam 1080p.

Sayangnya, iMac dengan memori terpadu 24GB ini masih menggunakan lightning port, bukan USB-C seperti beberapa perangkat baru dari Apple. Kabarnya, produk ini akan tersedia pada 7 November.

MacBook Pro 14 dan 16 Inci

Selain iMac, Apple juga meluncurkan produk MacBook Pro dengan dukungan M3. Perangkat ini hadir dengan dua ukuran, yaitu 14 inci dan 16 inci. Versi chip yang ditambahkan adalah M3 Pro dan M3 Max.

Model MacBook Pro terbaru ini akan memiliki layar Mini LED dengan kamera 1080p. Perangkat ini juga mendukung sistem suara enam speaker dengan masa total pakai mencapai 22 jam. Sama seperti iMac, perangkat ini akan tersedia pada 7 November yang akan datang.

Selain dua MacBook Pro dengan chip kelas atas, perangkat ini juga hadir dengan versi yang lebih murah karena menggunakan M3 biasa. Perangkat 14 inci ini akan menggantikan MacBook Pro 13 inci yang diklaim bekerja 60 persen lebih cepat.

Itu dia beberapa pembaruan dari Apple. Seluruh perangkat yang mereka rilis ini sudah bisa dipesan dengan sistem pre-order. Sayangnya, mereka belum menjelaskan kapan seluruh perangkat baru ini tersedia di store asli mereka.