Bagikan:

JAKARTA - Beberapa gim di seluruh Eropa telah menjadi sasaran iklan pro-Israel yang mendadak muncul. Ini termasuk dalam game yang dimainkan oleh anak-anak. Iklan tersebut menampilkan gambar-gambar serangan roket, eksplosi besar, dan pesan dari Kementerian Luar Negeri Israel yang mengatakan, "KAMI AKAN MEMASTIKAN BAHWA MEREKA YANG MENYAKITI KAMI AKAN MENDAPAT HUKUMAN BERAT."

Kasus seperti ini telah ditemukan di beberapa negara Eropa, termasuk Inggris, Prancis, Austria, Jerman, dan Belanda. Para pemain game, terutama anak-anak, telah terkejut dan terganggu oleh konten grafis ini.

Salah satu kasus yang mencolok adalah iklan tersebut muncul di dalam gim populer "Angry Birds" yang dibuat oleh pengembang Rovio. Rovio mengonfirmasi bahwa iklan dengan konten yang mengganggu telah muncul secara tidak sengaja dalam gim mereka dan telah diblokir secara manual. Namun, Rovio tidak memberikan rincian tentang bagaimana iklan tersebut masuk ke dalam gim mereka.

Kepala digital Kementerian Luar Negeri Israel, David Saranga, mengkonfirmasi bahwa video tersebut adalah iklan yang dipromosikan oleh pemerintah Israel sebagai bagian dari upaya advokasi yang lebih besar. Saranga juga menyatakan bahwa pejabat telah menginstruksikan pengiklan untuk memblokir iklan tersebut bagi orang di bawah 18 tahun.

Meskipun beberapa perusahaan periklanan seperti Taboola, Outbrain, Google, dan X (dahulu dikenal sebagai Twitter) telah menerima dana dari Kementerian Luar Negeri Israel, mereka menegaskan bahwa mereka tidak terlibat dalam penayangan iklan tersebut di dalam game.

Sementara itu, Reuters tidak menemukan bukti kampanye periklanan digital sejenis yang dilakukan oleh pihak Palestina. Otoritas Palestina dan Hamas, yang memerintah Gaza, belum memberikan tanggapan terkait kampanye periklanan mereka.

Kasus ini telah memunculkan perhatian dari otoritas periklanan di beberapa negara, termasuk Inggris, yang menekankan bahwa iklan dengan gambar grafis harus diarahkan secara hati-hati agar tidak ditampilkan kepada anak di bawah usia 18 tahun. Pihak berwenang juga sedang menyelidiki bagaimana iklan ini dapat muncul di dalam game.