Dunia Menyambut Gim Fenomenal Tony Hawk’s Pro Skater dalam Memori Hari Ini, 29 September 1999
Tony Hawk saat melakukan spin 900, trik skateboard dua setengah putaran di udara yang membuatnya menjadi sangat terkenal di dunia pada era 1990-an. (Newsweek)

Bagikan:

JAKARTA – Memori hari ini, 24 tahun yang lalu, 29 September 1999, perusahaan gim kenamaan dunia, Activision merilis gim bertajuk Tony Hawk’s Pro Skater di konsul Playstation. Gim bertajuk papan luncur (skateboard) langsung merebut hati seisi dunia. Ada nama Tony Hawk di baliknya.

Sebelumnya, popularitas Tony Hawk sebagai legenda permainan papan luncur tak perlu diragukan. Permainan papan luncur sudah jadi jalan hidupnya sedari kecil. Popularitasnya kemudian mengangkat permainan papan luncur kian mendunia dan kesohor.

Terbentur, terbentur, terbentur, terbentuk. Kutipan khas dari Tan Malaka itu rasanya cocok saja jika diarahkan kepada sosok legenda permainan papan luncur, Anthony Frank Hawk. Dedikasi dalam dunia papan selucur tiada dua.

Ia bak berteman dengan rasa sakit. Sesekali ia dapat meluncur dengan sempurna. Kadang kala ia kehilangan arah dalam menciptakan trik baru. Benturan tak terhindarkan, demikian pula rasa sakitnya.

Cedera kecil atau parah sudah biasa. Keluar masuk rumah sakit pun bukan hal baru baginya. Hawk hanya paham dengan narasi bangkit dan mencoba kembali. Orang-orang pun menjulukinya sebagai anak ajaib.

Legenda permainan papan luncur (skateboard), Tony Hawk. (Wikimedia Commons)

Dedikasi itulah yang membuat nama Hawk muncul ke permukaan. Karier profesionalnya sudah dimulai Hawk sejak umur belasan tahun. Hasilnya mengagumkan. Kemenangan bak rutinitas baginya. Hawk mampu merajai banyak kompetisi di era 1990-an. Bahkan, ia mampu menciptakan banyak trik-trik dalam permainan papan luncur.

Antara lain ollie-to-Indy, madonna, gymnast plant, frontside 540-rodeo flip, Saran wrap, dan yang paling fenomenal 900. Trik 900 kemudian membawa Hawk pada puncak popularitas pada 1999. Suatu puncak yang sulit disamai atau dilewati pemain papan luncur lainnya.

“Tony Hawk mendaratkan trik 900 pertama kali di permainan kelima X Games di San Francisco pada tanggal 27 juni 1999. Mulanya ia berada ditempat ketiga dalam Vert Contest (Vert skating). Ia berada di belakang pemain papan seluncur lainnya, Lasek dan Macdonald.”

“Kemudian, Hawk mampu melaju jauh di hari berikutnya dan memenangkan kontes lainnya, Best Trick Contest dengan trik 900. Trik fenomenal itu membuat Hawk melanggengkan dua setengah putaran udara dan berhasil. keberhasilan Hawk kemudian diwartakan ke seantero negeri,” terang Cole Louison dalam buku Impossible (2011).

Dominasi Tony Hawk dalam dunia permainan papan luncur dilirik banyak pihak. Beberapa pihak mengajak Hawk untuk main film. Beberapa lagi mengajak Hawk untuk membintangi banyak iklan. Hawk dianggap memiliki nilai komersil yang tinggi.

Cover gim Tony Hawk’s Pro Skater untuk konsul PlayStation. (Wikimedia Commons)

Hawk dianggap pula sebagai sosok yang berjasa membuat permainan papan seluncur jadi salah satu olahraga populer di mata anak muda. Kesuksesan itu membuat perusahaan gim dunia, Activision kepincut. Produsen game yang awalnya sedang mengembangkan gim papan seluncur coba menggaet Tony Hawk sebagai konsultan dan bintang dalam gamenya.

Kesepakatan pun dibuat. Game bertajuk permainan papan seluncur pun dirilis untuk konsul PlayStation pada 29 September 1999. Tony Hawk’s Pro Skater, judulnya. Gim itu membebaskan seseorang untuk menguliti segela macam trik dalam dunia papan luncur.

Gim itu kemudian jadi buruan seisi dunia dan menjadi salah satu gim yang paling banyak dimainkan pada eranya. Kesuksesaan itu karena gim tersebut memberikan pengalaman berbeda dibandingkan gim lain.

Alih-alih hanya mengandalkan permainan kompetitif, gim itu juga menghadirkan lagu pengiring yang membuat permainan jadi bersemangat dari band punk kenamaan dunia. Dari Goldfinger hingga Dead Kennedys.

“Pada tahun 1998, Activision menghubungi, pengembang gim bernama Neversoft untuk membantu mengembangkan papan seluncur. Activision menganggap mengembangkan game papan seluncur bak berjudi. Namun, Neversoft menunjukkan kepiawaiannya dengan menyewa pemain papan seluncur sebagai konsultan.”

“Tony Hawk yang notabene seorang legenda papan seluncur muncul sebagai pilihan utama. Alhasil, Tony Hawk’s Pro Skater dirilis dan jadi salah satu game terlaris yang diproduksi Activision. Game Itu meraih penjualan tertinggi ketiga tahun 1999, dan penjualannya tetap kuat hingga tahun berikutnya. Tony Hawk sudah menjadi legenda di X Games and permainan papan seluncur dunia,” tulis Steve L. Kent dalam buku The Ultimate History of Video Games Volume 2 (2021).