Billioner Kripto Jed McCaleb Mendanai Organisasi AI Voltage Park dengan Investasi Chip Nvidia
Voltage Park, memiliki 24.000 chip Nvidia H100, (foto: twitter @voltagepark).

Bagikan:

JAKARTA - Billioner kripto, Jed McCaleb, mendanai organisasi nirlaba yang membeli sekitar 500 juta dolar AS (Rp7,9 triliun) chip canggih Nvidia. Mereka berencana menyewakan kapasitas komputasi kepada perusahaan-perusahaan untuk proyek kecerdasan buatan (AI).

Organisasi komputasi awan AI tersebut, yang disebut Voltage Park, memiliki 24.000 chip Nvidia H100, seperti diungkapkan CEO Voltage Park, Eric Park, dalam wawancara dengan Reuters.

Operasi ini berencana untuk menawarkan komputasi AI murah jangka panjang dan jangka pendek untuk membantu mengatasi kekurangan chip AI.

"Kami percaya bahwa ekosistem saat ini untuk pembelajaran mesin sudah rusak," kata Park, dikutip VOI dari Reuters.

Voltage Park berencana untuk mendirikan klaster chip AI Nvidia di Texas, Virginia, dan Washington. Beberapa chip sudah berjalan, dan rencananya adalah untuk sepenuhnya meluncurkan 24.000 chip Nvidia tersebut sekitar bulan Februari.

Setelah peluncuran ChatGPT oleh OpenAI tahun lalu, permintaan akan silikon AI canggih Nvidia melonjak pada saat bisnis-bisnis berburu chip untuk menggerakkan ambisi AI mereka.

Intel, Advanced Micro Devices, dan sejumlah startup juga menjual chip AI yang bersaing dan juga sangat diminati.

McCaleb mengumpulkan kekayaan sebagai pendiri tiga perusahaan kripto ternama: Mt. Gox, Ripple, dan Stellar. Ripple mengembangkan blockchain dengan kripto bernama XRP, dan para pendiri menerima 20 miliar XRP, yang pada puncaknya bernilai hampir 80 miliar dolar AS (Rp1.273 kuadraliun).

Voltage Park, yang berbasis di San Mateo, California, adalah anak perusahaan  dari Navigation Fund, perusahaan nirlaba milik McCaleb. Keuntungan apa pun yang diperoleh Voltage akan dikirimkan ke Navigation. McCaleb tidak mengoperasikan atau duduk di dewan direksi baik organisasi nirlaba maupun Voltage.