Apple Luncurkan Chip M3 Terbaru di Event Scary Fast
Apple perkenalkan chip M3 terbaru di event Scary Fast (foto: tangkapan layar YouTub Apple)

Bagikan:

 JAKARTA - Apple telah selesai menyiarkan event akhir bulan mereka dengan judul Scary Fast. Dengan berakhirnya siaran live mereka, Apple resmi memperkenalkan chip M3 terbaru.

Pagi ini, Apple mengumumkan bahwa M3 akan hadir dengan tiga versi, yaitu M3, M3 Pro, dan M3 Max. Ketiga seri dari M3 ini memiliki peningkatan besar pada sisi GPU dan CPU di dalamnya.

M3 biasa memiliki CPU 8-core dengan empat inti kinerja dan empat inti efisiensi serta GPU 10-core. Dari sisi peningkatannya, prosesor ini diklaim bekerja 35 persen lebih cepat dari M1. Persentase ini memang tinggi, tetapi Apple tidak membandingkan peningkatan M3 dari M2.

Pada M3 Pro, prosesor ini memiliki CPU 12-core. Peningkatannya terlihat pada enam inti performa dan enam inti efisiensi. Apple juga menambahkan GPU-18-core pada seri M3 yang satu ini.

Ketika membandingkan dengan CPU dan GPU dari M1, Apple mengeklaim bahwa CPU M3 Pro bekerja 30 persen lebih cepat dari M1 Pro. Sementara untuk GPU, M3 Pro bekerja 40 persen lebih cepat dibandingkan dengan M1 Pro.

Sekali lagi, Apple melewatkan perbandingan M3 Pro dengan M2 Pro. Perusahaan ini langsung menjelaskan M3 Max yang memiliki CPU 16-core dan GPU 40-core. Peningkatannya diklaim 50 persen lebih cepat dari GPU M1 Max dan 80 persen lebih cepat dibandingkan CPU M1 Max.

Masing-masing seri dari M3 ini mendukung memori terpadu hingga 24GB, 36GB, dan 128GB. Ketiga chip ini akan memulai debutnya pada model MacBook Pro terbaru dan iMac berukuran 24 inci.

Apple fokus meningkatkan kinerja chip M3 mereka untuk mendukung pembukaan aplikasi berat dan bermain gim secara profesional. Chip ini dilengkap ray tracing dan mesh shading, tambahan perdana untuk Apple Silicon.