Rancangan Besar Elon Musk: Jadikan X Pesaing dari YouTube, LindkedIn, hingga Bank
Elon Musk akan bawa beberapa perubahan besar di platform X (foto: twitter @elonmusk)

Bagikan:

 

JAKARTA - Elon Musk tidak pernah puas dengan pencapaian X hingga hari ini. Ambisi untuk merubah platform itu masih begitu tinggi dan ia ingin menjadikan X sebagai platform serba bisa.

Ambisinya terlihat dalam pertemuan internal X beberapa waktu lalu. Dilaporkan oleh The Verge, Musk ingin menjadikan X aplikasi tunggal yang bisa bersaing dengan platform di berbagai ranah, seperti YouTube, LinkedIn, dating app, hingga bank.

Wacana yang begitu besar, tetapi tampak mungkin dilakukan oleh Musk. Untuk mengetahui berbagai rancangan Elon Musk terkait platform X, berikut beberapa rangkuman dari pertemuan internalnya.

Kualitas Streaming X Mampu Bersaing dengan YouTube

Pertama, Musk sempat memuji fitur streaming video di X. Musk mengatakan, “Kami dengan cepat mencapai kesetaraan dengan YouTube dan mungkin melampauinya.”

Musk berusaha membuat hasil streaming di X tidak mengalami delay atau sinkron dengan rekaman aslinya. Untuk menghindari adanya delay, meski hanya satu detik, X berusaha memastikan interface-nya sama.

Musk berharap kualitas streaming video di X bisa menjadi lebih baik, bahkan menawarkan sistem streaming 4K untuk menonton pertandingan olahraga, peluncuran berbagai roket, atau lainnya.

Musk berharap karyawannya bisa meningkatkan kualitas streaming video X di televisi sehingga di masa mendatang, pengguna televisi layar lebar bisa memilih platform untuk menonton streaming, seperti YouTube atau X.

Bisa Merekrut Karyawan Seperti LindkedIn

Selain bersaing dengan YouTube, X juga ingin menjadi pesaing LindkedIn. Fitur lowongan kerja ini sudah diluncurkan sejak Agustus lalu dan bisa diakses di X Hiring Beta untuk organisasi terverifikasi.

Menurut pengakuan CEO X Linda Yaccarino, banyak mitra yang tertarik menggunakan X Hiring, tetapi mereka tidak menjelaskan angka spesifiknya. Yaccarino  dengan berani mengatakan bahwa LinkedIn sudah terlambat untuk berkompetisi.

Sementara itu, Musk yakin para perekrut tertarik dengan pelamar di X karena mereka bisa melihat jejak digital dari pelamarnya. Menurutnya, “Itu mungkin menjadi satu-satunya indikator terbesar apakah mereka hebat dan seseorang yang ingin Anda pekerjakan.”

X Sebagai Platform Mencari Pasangan Kencan

Disinggung oleh Yaccarino, X akan meluncurkan fitur baru bernama X dating. Tidak banyak yang mereka jelaskan mengenai rancangan yang satu ini, tetapi tampaknya fitur dating akan segera hadir.

Pasalnya, Musk mengatakan bahwa fitur ini sudah dekat dengan peluncuran. Namun, ada beberapa kendala yang membuatnya sulit, seperti memperbaiki situasi kencan atau menemukan orang dengan cara yang menarik.

Menyediakan Fitur Keuangan Utama di X

X sempat membuat heboh beberapa waktu lalu karena pembicaraan Musk mengenai pusat keuangan di platformnya. Pemilik X itu berencana mendebutkan tempat untuk melakukan pembayaran dan penyimpanan uang di X.

“Ketika saya mengatakan pembayaran, yang saya maksud adalah seluruh kehidupan finansial seseorang. Jika melibatkan uang, itu akan ada di platform kami, uang atau surat berharga atau apa pun,” jelas Musk.

Dengan adanya pusat keuangan di X, Musk yakin orang-orang tidak akan memerlukan rekening bank lagi. Rencananya, fitur ini akan debut di akhir tahun depan. Ini menjadi salah satu rencana yang palin Elon Musk nanti.

Itu dia beberapa isi percakapan Musk dan Yaccarino dengan beberapa karyawan di X. Seluruh rencana ini mungkin akan segera kita jumpai karena kita tahu bahwa Musk selalu membawa kejutan baru melalui X.