Pendidik Bitcoin di Tanzania Taklukkan  Kilimanjaro, dengan Dana Bitcoin dan Donasi Nostr
Kweks membawa dan mengibarkan bendera Nostr raksasa (foto: twitter @manlikekweks)

Bagikan:

JAKARTA - Seorang pendidik Bitcoin berbasis di Tanzania telah menaklukkan puncak tertinggi Afrika, Kilimanjaro, dengan cara membiayai seluruh perjalanannya melalui Bitcoin dan donasi Nostr.

Kweks (bukan nama aslinya) mengumpulkan dana lebih dari  1.700 dolar AS (Rp27 juta)) dalam Bitcoin (0,0018 BTC) untuk menutupi biaya pendakian, yang juga berfungsi sebagai pengumuman untuk akademi pendidikan Bitcoin baru di Tanzania.

Kweks dan istrinya baru-baru ini pindah ke kota baru di Tanzania untuk membuka pusat pembelajaran yang disebut "Proof of Work Academy," atau POWA. Kweks mengatakan  bahwa meskipun POWA adalah lelucon tentang protokol konsensus Bitcoin, proof-of-work, itu juga merujuk pada kata Zwahili "Poah," yang berarti segar atau keren.

Untuk mempromosikan sekolah baru tersebut dan secara halus menunjukkan ketertarikannya pada protokol terdesentralisasi, termasuk Bitcoin dan Nostr, Kweks mendanai pendakian ke ketinggian hampir 6.000 meter dalam satoshi atau sat, yang merupakan denominasi terkecil Bitcoin setara dengan 100 juta bagian dari 1 BTC.

Kweks membawa dan mengibarkan bendera Nostr raksasa saat membagikan pembaruan status selama pendakian berhari-hari di X, Nostr, dan WhatsApp. Berbicara dari Tanzania, Kweks menjelaskan  bahwa meskipun uang yang terkumpul memiliki arti penting untuk menutupi biaya pendakian, dampaknya terutama bersifat edukatif.

"Saya pikir itu [pendakian] akan menjadi studi kasus yang hebat untuk menunjukkan apa yang dapat dilakukan Bitcoin dan kemudian memperkenalkan beberapa orang ke Bitcoin juga," kata Kweks dikutip VOI dari Cointelegraph.

Pendakian tersebut menunjukkan kepada komunitas setempat bahwa basis global Nostriches (pengguna Nostr) dan para pendukung Bitcoin yang murah hati di seluruh dunia dengan senang hati mendukung pendakian dan pekerjaan edukatif Kweks di Tanzania.

Selain itu, Kweks menerima tip dari salah satu pemandu yang memimpin rombongan ke puncak "Kili," seperti yang dikenal secara lokal, yang menunjukkan adopsi Bitcoin dari akar rumput di Tanzania.

Tampaknya, ada pemahaman tentang Bitcoin di Tanzania, jelaskan Kweks — tetapi salah satu tantangan utamanya adalah jalur keluar ke mata uang lokal. Coinbase, Kraken, dan Gemini tidak beroperasi di Tanzania, sehingga menukar uang tunai dengan Bitcoin dan sebaliknya bisa menantang.

Sepanjang pendakian, Kweks menerima pertanyaan dan komentar ingin tahu dari warga Tanzania tentang bagaimana dia membiayai petualangan tersebut dan pertanyaan yang tak terhindarkan: "Apa itu Bitcoin?"

Pada akhirnya, adopsi Bitcoin di Tanzania sangat berbeda dengan di Inggris, di mana Kweks menghabiskan 25 tahun hidupnya sebelum pindah ke Tanzania.

Dia menjelaskan, ada sistem barter yang lebih terpasang di Afrika Timur. Menjelaskan tentang uang dan inflasi yang tinggi dan alasan mengapa mata uang dengan tingkat inflasi yang diprogram, seperti Bitcoin, dapat menawarkan sistem ekonomi alternatif kepada masyarakat, bisa menjadi tantangan.

"Ketika saya tiba di Tanzania sepuluh tahun yang lalu, 1 dolar AS setara dengan 1.500 shilling Tanzania. Per hari ini,  menjadi 2.600. Itu sepuluh tahun kemudian. Ini gila!"

Pada akhirnya, kunci untuk membuka edukasi Bitcoin adalah dengan menggunakan istilah yang relevan bagi orang-orang.  "Saya berbicara kepada mereka tentang seberapa naiknya harga roti dan seberapa naiknya harga bahan bakar, dan mereka mengerti itu," ungkap Kweks.

"Mereka melihat bahwa semakin sulit untuk memenuhi kebutuhan hidup. Jadi dengan konsep-konsep ini, mereka memahami bahwa alat Bitcoin dapat membantu mereka — dan itulah pekerjaannya. Itulah pekerjaan yang perlu dibagikan dan dijelajahi," tambahnya.

Kweks terus memposting dan membagikan sumber daya edukatif di Nostr dan X, sementara sumber daya edukatif POWA menawarkan kelas edukasi gratis kepada warga Tanzania yang berbasis di dekat Kilimanjaro.

Terkait