Dana Bantuan Bitcoin untuk Aksi <i>Freedom Convoy</i> Diblokir Pemerintah Kanada  
Dana bantuan dalam Bitcoin untuk Freedom Convoy, dihambat. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Provinsi Ontario di Kanada telah diberikan perintah dari Pengadilan Tinggi untuk membekukan uang jutaan dolar donasi di platform GiveSendGo agar tidak sampai ke pengunjuk rasa Freedom Convoy.

Ini adalah kedua kalinya pengemudi truk tersebut ditolak aksesnya ke dana sejak GoFundMe membekukan donasi sebesar 10 juta dolar AS minggu lalu dan kemudian mengembalikan dana donatur setelah mendapat serangan balasan.

Upaya terbaru untuk membatalkan protes berkaitan dengan sumbangan yang diberikan ke halaman "Konvoi Kebebasan 2022" dan "Adopt-a-Trucker" di platform penggalangan dana GiveSendGo. Pada hari Kamis, “Freedom Convoy 2022” telah mengumpulkan 8,4 juta dolar dan “Adopt-a-Trucker” telah menerima 686.000 dolar AS.

Penulis Post Millennial Ian Miles Cheong mentweet hari ini: “Bitcoin memperbaiki ini… Mereka harus membuat cryptocurrency ilegal di Kanada.”

Benjamin Dichter, salah satu penyelenggara penggalangan dana, sependapat dengan Cheong. Dia mentweet hari ini bahwa, “Ini bagus untuk Bitcoin.”

Dilaporkan oleh Cointelegraph, Sekelompok pendukung sebelumnya membentuk organisasi HonkHonk Hodl khusus untuk membantu konvoi mengumpulkan dana dalam Bitcoin. Grup tersebut telah mengumpulkan 21 BTC (902.000dolar AS).

Pemroses pembayaran Bitcoin OpenNode menulis tahun lalu bahwa solusi pembayaran BTC adalah alternatif yang layak bagi orang-orang yang telah disensor oleh metode pembayaran tradisional.

“Salah satu manfaat Bitcoin adalah ketahanan sensornya. Tanpa otoritas pusat untuk mendikte siapa yang dapat dan tidak dapat menggunakan Bitcoin, Bitcoin telah terbukti menjadi mata uang pilihan bagi banyak individu dan organisasi yang telah ditinggalkan dari metode pembayaran tradisional.”

OpenNode menulis bahwa menerima sumbangan BTC menyebarkan kesadaran tentang Bitcoin di antara para donor dan penerima, dan mendorong adopsi.

Namun ada perdebatan apakah pemerintah Ontario mampu membekukan dana tersebut. GiveSendGo mentweet hari ini bahwa pemerintah Kanada tidak memiliki kendali atas bagaimana dana dikelola pada platform berbasis di AS. Perusahaan meyakinkan pemrotes bahwa: "Semua dana untuk SETIAP kampanye di GiveSendGo mengalir langsung ke penerima kampanye tersebut."

Namun, kolumnis politik Toronto Sun, Brian Lilly, menunjukkan bahwa meskipun GiveSendGo berbasis di Boston, perintah pengadilan Kanada mencegah warga Kanada mengakses dana tersebut. Dia berkata, “Menariknya di AS dan mengirimkannya ke sini akan menjadi pelanggaran.”