Harga Pasar X Terkuak, 55 Persen Turun dari Harga Beli Elon Musk
Harga pasar dari X Corp akhirnya terkuak setelah setahun Elon Musk membeli Twitter (foto: twitter @lindayaX)

Bagikan:

JAKARTA - Sejak Twitter pindah ke tangan Elon Musk, tidak ada yang tahu berapa market value atau nilai pasar perusahaan tersebut. Sekarang, kita bisa mengetahui harganya berkat Musk.

Twitter dibeli oleh Musk pada akhir Oktober tahun lalu. Saat itu, Musk membeli Twitter seharga 44 miliar dolar AS atau sekitar Rp699 triliun. Namun, harga pasarnya tentu saja tidak segitu.

Harga ini resmi diketahui setelah karyawan di X mendapatkan hadiah ekuitas dari perusahaan. Menurut laporan The Verge, ekuitas yang didapatkan karyawan tersebut adalah 19 miliar dolar AS (Rp301,9 triliun) dengan masing-masing harga per saham 45 dolar AS (Rp715 ribu).

Harga ini diputuskan langsung oleh Dewan direksi dari harga pembelian awal. Dengan harga ini, kita bisa mengetahui bahwa Musk membuat harga pasar perusahaannya turun sebanyak 55 persen untuk saat ini.

Sebagai informasi, Musk ingin memberikan kompensasi berupa saham kepada para karyawannya. Harapannya, sebagian dari saham karyawan ini bisa dicairkan kepada investor luar.

Jenis ekuitas yang diberikan kepada karyawan X adalah unit saham terbatas (RSU) yang diperoleh selama jangka waktu empat tahun sejak tanggal pemberian. Saham ini memerlukan likuiditas seperti Initial Public Offering (IPO) agar dikenakan pajak sebagai pendapatan.

Sebelumnya, salah satu investor besar dari X berpendapat bahwa harga pasar perusahaan telah turun 65 persen dari harga Musk membeli Twitter. Namun, perkiraan ini rupanya masih jauh lebih tinggi. Sekarang kita tahu nilai perusahaan ini mencapai Rp301,9 triliun.