Bagikan:

JAKARTA - Dalam suasana perebutan kursi Gedung Putih, CEO Tesla, Elon Musk, dan pendiri Tron, Justin Sun, akhirnya memberikan dukungan mereka kepada mantan Presiden AS, Donald Trump. Dukungan ini muncul setelah percobaan pembunuhan terhadap Trump yang gagal pada 13 Juli.

Pemilihan mendatang ini telah lama dianggap sebagai yang pertama di mana afiliasi kripto mungkin sangat berarti. Dalam persiapannya, Donald Trump selamat dari percobaan pembunuhan oleh seorang pemuda berusia 20 tahun. Rangkaian peristiwa kacau ini membuat pasar bereaksi dengan cukup tangguh, menunjukkan bahwa industri ini memiliki kepercayaan pada Donald Trump.

Dikutip dari Coingape, harga Bitcoin melonjak lebih dari 1,77% menjadi 59.659 Dolar AS (sekitar Rp965 juta). Ethereum (ETH) memimpin kebangkitan altcoin, mencatatkan pertumbuhan 1,07% menjadi 3.184 Dolar AS (sekitar Rp51 juta). Memecoin Donald Trump, MAGA (TRUMP), melonjak lebih dari 50% menjadi 8,27 Dolar AS (sekitar Rp133.808) saat artikel ini ditulis.

Selain respons pasar ritel, para pemimpin yang dihormati di industri ini juga menyuarakan dukungan mereka. Elon Musk memposting di platform media sosial X, mengatakan bahwa dia mendukung Donald Trump sambil mendoakan kesembuhannya.

Pendiri Tron, Justin Sun, membagikan postingan yang sama di X, menambahkan bahwa Trump adalah pilihan yang lebih baik untuk industri kripto dan dapat memastikan perlakuan yang lebih adil.

BACA JUGA:


Sikap ini bisa dibilang dapat diperdebatkan, mengingat upaya penyeimbangan penting yang dilakukan oleh Pemerintahan Biden untuk memenangkan suara dari komunitas kripto. Meskipun pemilihan masih beberapa bulan lagi, peluang di Polymarket menunjukkan bahwa Donald Trump akan muncul sebagai Presiden kembali melonjak menjadi 71%, dibandingkan Joe Biden yang hanya 17%.

Meskipun ini hanya persepsi dari para prediktor, namun proyeksi ini secara umum mencerminkan sentimen pasar kripto.

Tindakan Justin Sun tampaknya mengikuti jejak Elon Musk. Seperti halnya Musk membeli Twitter dan merombaknya menjadi platform media sosial X, Sun juga secara mencolok mengincar untuk membeli pesaing X asal China, Weibo.

Dukungan Justin Sun terhadap Donald Trump datang hanya beberapa jam setelah Elon Musk membagikan postingan di X. Meskipun langkah Sun terlihat cukup jelas, belum diketahui berapa banyak lagi pemimpin kripto yang akan secara resmi mendukung Donald Trump berdasarkan pengaruh Musk.