Vietnam Ingin Tingkatkan Investasi dalam Industri Chip
Ilustrasi pengemasan chip di Vietnam. (foto: dok.pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Dua eksekutif bisnis menyatakan bahwa Vietnam sedang melakukan pembicaraan dengan perusahaan-perusahaan chip dengan tujuan meningkatkan investasi di negara tersebut. Mereka kemungkinan akan  membangun pabrik chip pertamanya meskipun ada peringatan dari pejabat industri AS tentang biaya tinggi.

Pusat manufaktur elektronik Asia Tenggara ini sudah menjadi tuan rumah pabrik pengujian dan pengemasan semikonduktor terbesar milik raksasa AS, Intel, di seluruh dunia. Vietnam juga  merupakan rumah bagi beberapa perusahaan perangkat lunak desain chip. Vietnam sedang mengerjakan strategi untuk menarik investasi semikonduktor lebih lanjut, termasuk dari foundry, yang fokus pada manufaktur chip.

"Pertemuan dengan setengah lusin perusahaan chip AS terjadi dalam beberapa minggu terakhir, termasuk dengan operator fab," kata Vu Tu Thanh, kepala kantor Vietnam dari Dewan Bisnis AS-ASEAN, seperti dikutip VOI dari Reuters. Namun ia enggan menyebutkaan perusahaan-perusahaan tersebut karena pembicaraan masih berada pada tahap awal.

Seorang eksekutif chip, yang enggan diidentifikasi karena tidak diizinkan berbicara dengan media, mengatakan bahwa pembicaraan dengan investor potensial melibatkan produsen kontrak AS, GlobalFoundries, dan PSMC dari Taiwan.

Tujuannya adalah untuk membangun fab pertama Vietnam, kemungkinan besar untuk chip yang kurang canggih yang digunakan dalam mobil atau untuk aplikasi telekomunikasi, tambah eksekutif tersebut.

Pertemuan-pertemuan tersebut mengikuti peningkatan sejarah dari hubungan formal antara Vietnam dan AS pada bulan September, ketika Presiden Joe Biden mengunjungi Hanoi dan Gedung Putih menggambarkan mantan musuh sebagai "pemain kritis" potensial dalam rantai pasok global semikonduktor.

GlobalFoundries menghadiri pertemuan bisnis terbatas selama kunjungan Biden setelah undangan dari presiden sendiri, kata perusahaan tersebut, tetapi sejak itu tidak menunjukkan minat segera untuk berinvestasi di Vietnam, kata seseorang yang familiar dengan masalah ini.

"Kami tidak berkomentar tentang rumor pasar," kata juru bicara GlobalFoundries ketika ditanya tentang kontak-kontak selanjutnya. Sementara PSMC tidak memberikan tanggapan atas permintaan untuk komentar.

Pejabat industri di Vietnam mengatakan bahwa pertemuan pada tahap ini sebagian besar untuk menguji minat dan mendiskusikan insentif dan subsidi potensial, termasuk pasokan listrik, infrastruktur, dan ketersediaan tenaga kerja terlatih.

Pemerintah Vietnam telah mengatakan bahwa mereka ingin mendirikan fab pertama mereka menjelang akhir dekade ini dan pada  Senin 30 Oktober mengatakan bahwa perusahaan chip akan mendapatkan "insentif tertinggi yang tersedia di Vietnam".

Menurut Hung Nguyen, manajer program senior di rantai pasok di Universitas Vietnam, mereka juga mungkin akan mendukung perusahaan lokal seperti perusahaan teknologi milik negara Viettel   untuk membangun fabs dengan peralatan impor. Viettel sendiri tidak memberikan tanggapan atas permintaan untuk komentar.

Namun, Robert Li, Wakil Presiden Synopsys   AS, sebuah perusahaan desain chip terkemuka yang beroperasi di Vietnam, mendesak pemerintah untuk "berpikir dua kali" sebelum memberikan subsidi untuk membangun fabs.

Berbicara di "Vietnam Semiconductor Summit" di Hanoi pada hari Minggu, dia mengatakan bahwa membangun foundry bisa menghabiskan biaya hingga  50 miliar dolar AS (Rp793 triliun), dan akan melibatkan persaingan dalam subsidi dengan China, AS, Korea Selatan, dan Uni Eropa yang masing-masing telah mengumumkan rencana pengeluaran pada chip antara  50 dan  150 miliar dolar AS.

John Neuffer, Presiden Asosiasi Industri Semikonduktor AS, dalam konferensi yang sama, merekomendasikan pemerintah untuk fokus pada sektor chip di mana Vietnam sudah kuat, seperti merakit, mengemas, dan menguji.