Bagikan:

JAKARTA - Kekurangan insinyur yang kronis di Vietnam muncul sebagai tantangan utama bagi pertumbuhan industri semikonduktor dan rencana AS untuk mempercepat negara Asia Tenggara tersebut sebagai pusat produksi chip. Ini dilakukan sebagai langkah mengantisipasi risiko pasokan terkait China.

Semikonduktor diharapkan menjadi fokus utama kunjungan Presiden AS Joe Biden ke Hanoi mulai 10 September dengan tujuan meningkatkan secara resmi hubungan antara kedua negara. "Dia akan menawarkan dukungan kepada Vietnam untuk meningkatkan produksi chip," kata pejabat administrasi AS.

Segmen "friendshoring" dalam industri strategis semikonduktor telah menjadi salah satu insentif utama Washington untuk membujuk para pemimpin komunis Vietnam untuk setuju untuk secara resmi meningkatkan hubungan. Hanoi awalnya ragu-ragu tentang langkah ini karena takut akan reaksi negatif dari China.

Peningkatan hubungan formal ini bisa membawa miliaran dolar investasi swasta baru dan sebagian dana publik ke industri semikonduktor Vietnam. Namun, pejabat industri, analis, dan investor mengatakan bahwa kelangkaan ahli terlatih akan menjadi hambatan penting bagi perkembangan cepat industri chip.

"Jumlah insinyur perangkat keras yang tersedia jauh di bawah apa yang dibutuhkan untuk mendukung investasi berjumlah miliaran dolar,  sekitar sepersepuluh dari permintaan yang diharapkan dalam 10 tahun mendatang," kata Vu Tu Thanh, kepala kantor Vietnam dari Dewan Bisnis AS-ASEAN.

Menurut Thand, negara dengan populasi 100 juta jiwa ini hanya memiliki 5.000 hingga 6.000 insinyur perangkat keras terlatih untuk sektor chip, sementara permintaan yang diharapkan adalah 20.000 dalam lima tahun dan 50.000 dalam satu dekade, mengutip perkiraan dari perusahaan dan insinyur.

"Ada juga risiko pasokan yang tidak memadai dari insinyur perangkat lunak chip yang terlatih," kata Hung Nguyen, manajer program senior pada rantai pasokan di Universitas RMIT Vietnam.

Kementerian-kementerian Vietnam yang bertanggung jawab atas tenaga kerja, pendidikan, informasi, teknologi, dan urusan luar negeri tidak memberikan tanggapan atas permintaan komentar dari media.

Industri semikonduktor Vietnam, yang ekspornya ke AS bernilai lebih dari setengah miliar dolar per tahun menurut data pemerintah Vietnam, saat ini difokuskan pada tahap manufaktur akhir dalam rantai pasok - yaitu merakit, mengemas, dan menguji chip - meskipun sedang berkembang ke bidang seperti perancangan.

Gedung Putih belum merinci segmen mana dari industri chip di Vietnam yang akan diprioritaskan, tetapi eksekutif industri AS telah mengindikasikan bahwa tahap akhir adalah salah satu sektor pertumbuhan kunci.

China telah memainkan peran penting dalam pertimbangan ini. Hampir 40% dari manufaktur tahap akhir global berada di China pada tahun 2019, menurut Boston Consulting Group, berbanding hanya 2% di Amerika Serikat. Sebanyak 27% lagi berada di Taiwan, di sekitar wilayah yang China meningkatkan aktivitas militer, memicu kekhawatiran konflik.

Itu membuat segmen perakitan menjadi salah satu segmen yang paling terkonsentrasi dalam industri, setelah pembuatan chip. Tidak ada segmen lain yang posisinya sedemikian kuat di tangan Beijing.

Hal tersebut terjadi meskipun Intel  telah beroperasi di selatan Vietnam selama sekitar 15 tahun dengan pabrik perakitan, pengemasan, dan pengujian chip terbesar di dunia.

Namun, sebagai tanda minat yang meningkat, pesaing Amkor   sedang membangun "pabrik mega berteknologi tinggi untuk perakitan dan pengujian semikonduktor" dekat Hanoi, seperti yang diumumkan oleh Menteri Keuangan AS Janet Yellen saat kunjungan ke Hanoi bulan lalu.

Investasi swasta lebih lanjut bisa datang, terutama jika sebagian besar dari  500 juta dolar AS (Rp7,6 triliun)  yang tersedia dalam Undang-Undang CHIPS AS untuk rantai pasokan semikonduktor global berakhir di Vietnam.

"AS juga mungkin tertarik untuk meningkatkan pasokan bahan baku chip Vietnam,  di mana negara tersebut diperkirakan memiliki simpanan terbesar kedua di dunia setelah China," kata Hung di Universitas RMIT Vietnam.

Negara ini juga sedang membuat langkah di segmen lebih kecil perancangan chip. Perusahaan perangkat lunak perancangan chip AS, Synopsys , beroperasi di sana, pesaing Marvell  berencana membangun pusat "kelas dunia", dan perusahaan lokal sedang berkembang.

Vietnam juga menarik minat dari produsen mesin pembuat chip dan telah menyatakan ambisi untuk membangun pabrik manufaktur semikonduktor pertamanya, atau fab, menjelang akhir dekade ini.

Namun, ambisi semikonduktor tersebut bisa tetap menjadi mimpi belaka jika kekurangan tenaga kerja terampil tidak ditangani dengan baik, dan menjadikan Vietnam lebih rentan terhadap pesaing regional seperti Malaysia dan India.

Intel telah berulang kali mendesak pihak berwenang untuk memperluas jumlah pekerja terampil, kata pejabat yang mengakuinya.

Perusahaan itu telah mempertimbangkan hampir menggandakan operasinya senilai 1,5 miliar dolar AS (Rp22 triliun) di Vietnam, kata sumber-sumber sebelumnya tahun ini, tetapi tidak jelas apakah itu masih rencana setelah perusahaan itu mengumumkan investasi besar di Eropa pada bulan Juni. Intel tidak memberikan tanggapan atas permintaan komentar.

Amkor memiliki sekitar 60 lowongan pekerjaan di situs web Vietnam-nya, sebagian besar untuk insinyur dan manajer.  

"Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mempermudah peraturan Vietnam untuk menerbitkan izin kerja bagi insinyur dari luar negeri, yang saat ini 'sangat sulit untuk didapatkan dengan cepat'," kata Thanh dari Dewan Bisnis AS-ASEAN, "sampai kekuatan kerja terampil dalam negeri cukup meningkat."

Namun, itu akan memerlukan perubahan legislatif dan prosedur administratif yang lebih cepat - yang tidak mudah dilakukan, menurut beberapa diplomat dan pengusaha yang berbasis di Vietnam.

Presiden AS Joe Biden bermaksud untuk mendiskusikan dengan para pemimpin Vietnam program pengembangan tenaga kerja, kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan, yang dapat memperluas inisiatif pelatihan yang ada.