Bagikan:

JAKARTA - Setelah berhasil menguasai produksi iPhone, Terry Gou, pendiri perusahaan pemasok utama Apple Inc, Foxconn, yang  berasal dari Taiwan, kini ingin menggunakan keterampilan kewirausahaannya untuk maju dalam pemilihan presiden di negara pulau tersebut.

Setelah  dua upaya sebelumnya  gagal, Gou yang berusia 72 tahun ini berupaya menyatukan oposisi yang terpecah belah dalam situasi meningkatnya ketegangan dengan China, yang menurutnya disebabkan oleh sikap Partai Progresif Demokrat (DPP) yang berkuasa terhadap Beijing.

"Dalam tujuh tahun terakhir, pemerintahan DPP tidak hanya membawa Taiwan berada dalam bahaya perang, tetapi juga telah menjalankan kebijakan-kebijakan domestik yang cacat yang gagal mengatasi tantangan yang dihadapi industri Taiwan dan kehidupan rakyat," ujarnya pada  Senin, 28 Agustus, saat mengumumkan pencalonannya sebagai "CEO Taiwan" pada pemilihan bulan Januari.

Pemerintahan yang dipimpin oleh DPP telah berulang kali menawarkan pembicaraan dengan Beijing, tetapi ditolak, dan mereka menyalahkan China atas ketegangan tersebut.

Gou menghadapi tantangan untuk mencoba menyatukan dua partai oposisi utama - Kuomintang (KMT) yang tadinya diharapkannya akan mendukungnya sebagai kandidatnya dan Partai Rakyat Taiwan - untuk bekerja sama dan "menggulingkan DPP", seperti yang diungkapkannya pada  Senin lalu.

Sebelum ia mengumumkan pencalonannya sebagai independen pada  Senin, Gou telah berusaha memperoleh tiket dari KMT untuk menjadi calon presiden namun gagal.

Namun, bahasa langsungnya, bersama dengan kemampuan bisnisnya, telah menarik perhatian orang dalam berbagai acara kampanye semu di seluruh Taiwan yang diadakan oleh Gou sebelum pengumumannya.

"Ia adalah seorang pendatang politik yang bicara jujur," kata Sung Wen-Ti, seorang ilmuwan politik di Program Studi Taiwan Australian National University. "Ia dapat menarik pemilih yang mengutamakan keyakinan pasar. Ia juga bisa menarik orang-orang terdidik yang lebih suka tata kelola yang lebih teknokratik."

Gou tidak terlahir sebagai orang kaya. Setelah lulus dari universitas, ia bekerja dalam serangkaian pekerjaan pabrik, ketika Taiwan pada akhir tahun 1960-an dan awal 1970-an mulai menggunakan tenaga kerja murah untuk memproduksi barang konsumen bagi dunia kaya di Barat.

Ia mendirikan Hon Hai Precision Industry Co Ltd, yang lebih dikenal sebagai Foxconn, pada tahun 1974 dengan pinjaman  7.500 dolar AS (Rp114,2 juta) dari ibunya dan 11 pekerja lanjut usia. Awalnya, ia memproduksi komponen plastik murah untuk televisi hitam-putih bagi produsen TV Chicago, sebelum melakukan kesepakatan besar pada tahun 1980 untuk membuat konektor joystick untuk konsol permainan Atari.

Pada tahun 2000, Foxconn memenangkan pesanan untuk membuat iMac yang dirancang ulang oleh Apple, dengan memanfaatkan pengalamannya dalam membuat berbagai komponen untuk vendor komputer pribadi Amerika Serikat seperti Dell.

Gou mengingat bagaimana ia harus gigih dengan pendiri Apple yang sudah almarhum, Steve Jobs, mengatakan bahwa ia harus memaksa Jobs untuk memberinya kartu bisnis.

"Ia sangat senang ketika saya berhasil membantunya mengembangkan iPhone pertama. Ia menunjukkan kepada saya cara menggunakan layar sentuhnya secara langsung," kata Gou pada tahun 2011 tentang hubungannya dengan Jobs.

Foxconn akhirnya menjadi salah satu pengusaha swasta terbesar di dunia dengan jumlah pekerja melebihi satu juta pada beberapa saat, yang merakit perangkat untuk merek-merek global seperti Sony Corp, Nintendo Co Ltd, dan Microsoft Corp .

Gou tetap merupakan figur yang dihormati di Foxconn setelah mundur dari jabatan chairman pada tahun 2019, dihormati sebagai "pendiri", meskipun perusahaan tersebut mengatakan pada  Senin lalu bahwa ia tidak lagi terlibat dalam manajemen sehari-hari setelah "menyerahkan tongkat estafet" empat tahun yang lalu.

Setelah membangun produsen kontrak terbesar di dunia dari awal, jaringan hubungan Gou mencapai tingkat tertinggi seperti dengan Presiden China, Xi Jinping, yang ia temui pada tahun 2014 di Beijing, dan yang pada tahun 2017 ia gambarkan sebagai pemimpin besar, seperti dilaporkan oleh media Taiwan.

Orangtua Gou lahir di China dan termasuk dalam generasi yang melarikan diri ke Taiwan setelah Komunis memenangkan perang saudara China pada tahun 1949, setahun sebelum kelahiran Gou di pulau tersebut.

Dalam wawancara dengan People's Daily, koran resmi Partai Komunis, pada tahun 2018 dalam rangka memperingati 40 tahun reformasi ekonomi China yang bersejarah, Gou mengatakan bahwa ia senang telah menyaksikan perubahan tersebut.

Ia berbicara tentang bagaimana ayahnya berasal dari provinsi Shanxi dan ibunya berasal dari Guangdong, serta bahwa kunjungannya pertama kali ke China pada tahun 1987 untuk melacak akar keluarganya adalah "pertama kalinya saya menginjakkan kaki di tanah air leluhur."

Tahun ini, Gou berjanji untuk memulai negosiasi dengan China jika ia terpilih menjadi presiden dengan dasar bahwa kedua belah pihak adalah bagian dari satu China tunggal namun masing-masing dapat menafsirkan apa artinya.

"Kedua belah pihak dapat duduk bersama dan kami bisa meluangkan waktu sebanyak yang kami butuhkan untuk berbicara tentang 'interpretasi yang berbeda'," ujarnya seperti dilaporkan Reuters.

Namun, pada hari Senin ia mengambil nada yang lebih tegas ketika ditanya apakah kepemilikan saham Foxconn-nya berarti China dapat dengan mudah memberinya instruksi jika ia menjadi presiden.

"Saya belum pernah berada di bawah kendali Republik Rakyat China," katanya. "Saya tidak mengikuti instruksi mereka."

Gou memiliki teman di tempat tinggi termasuk mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Gou memberitahu Trump bahwa ia ingin menjadi pembuat perdamaian antara Taiwan, China, dan AS sebagai presiden Taiwan.

"Damai, stabilitas, ekonomi, masa depan, adalah nilai-nilai inti saya," katanya setelah mengumumkan niatnya untuk menjadi kandidat KMT pada pemilihan 2020, meskipun akhirnya ia gagal mendapatkan nominasi tersebut. KMT kalah dalam pemilihan tersebut dengan selisih yang besar