Bagikan:

JAKARTA - Sebuah kelompok sukarelawan Reddit yang mentranskripsi media dari subreddit-subreddit lain sedang menutup komunitas mereka. Sebagian karena perubahan yang dilakukan oleh perusahaan terhadap API-nya. Komunitas tersebut, r/TranscribersOfReddit, akan ditutup pada tanggal 30 Juni, satu hari sebelum Reddit mulai membebankan biaya akses API.

Kelompok ini mentranskripsi media dari sekitar 100 subreddit. Tujuannya adalah untuk memberikan solusi sementara terhadap fitur aksesibilitas yang hilang dari Reddit, seperti teks alternatif, sambil mendesak perusahaan untuk mengatasi "kekurangan-kekurangan" tersebut, seperti yang dikatakan oleh Rebekah Ginsburg, salah satu moderator Transcribers Of Reddit.

Sebagaimana dilaporkan oleh The Verge, Ginsburg (dikenal juga sebagai u/halailah) juga menjadi ketua Grafeas Group, sebuah organisasi nirlaba yang menyediakan teknologi yang digunakan dalam banyak pekerjaan transkripsi komunitas ini.

"Dalam cahaya peristiwa terbaru, kami sekarang menyadari bahwa Reddit sebagai perusahaan telah menunjukkan ketidakberanian yang serius dalam memperbaiki masalah-masalah inti dari platform ini," tulis Ginsburg. "Jelas bahwa masalah-masalah ini berasal dari atas, dan kami tidak percaya bahwa masalah-masalah ini dapat diperbaiki. Sayangnya, meskipun ini adalah keputusan yang sangat sulit bagi kami, keadaan ini berarti kami tidak dapat melanjutkan proyek ini lagi."

Ginsburg menambahkan bahwa "perubahan API dan batasan realistis mengenai seberapa banyak pekerjaan yang dapat kami ambil, serta kurangnya kepercayaan kami pada Reddit sebagai platform dan kurangnya perhatian dari Reddit sebagai perusahaan terhadap aksesibilitas" membuatnya "mustahil" bagi tim untuk melanjutkan proyek ini.

Meskipun Reddit telah mengatakan bahwa mereka akan memberikan pengecualian kepada beberapa aplikasi aksesibilitas pihak ketiga dari pembayaran akses API, anggota komunitas mengatakan bahwa aplikasi seperti RedReader, Dystopia, dan Luna tidak memiliki "fungsi moderasi yang memadai" bagi moderator tunanetra dan tunanetra penglihatan.

Reddit menolak untuk memberikan komentar kepada The Verge mengenai masalah-masalah ini. Seorang juru bicara sebelumnya mengatakan bahwa perusahaan tersebut sedang "mengeksplorasi beberapa hal" terkait aksesibilitas di seluruh platformnya. Sementara itu, tampaknya akan lebih sulit bagi beberapa orang untuk menggunakan Reddit.

Bulan lalu, Reddit mengumumkan bahwa mereka akan mulai membebankan biaya untuk akses ke API mereka, yang telah digunakan oleh pengembang pihak ketiga untuk membangun aplikasi (seperti aplikasi untuk moderasi dan aksesibilitas) yang mengungkapkan ke platform tersebut. Langkah ini menyebabkan kegemparan dalam komunitas, dan beberapa aplikasi pihak ketiga, termasuk yang digunakan oleh puluhan ribu orang untuk mengakses Reddit, menutup layanan mereka sebagai akibat dari perubahan tersebut.

Namun, Reddit tetap melanjutkan kebijakan baru tersebut. CEO Steve Huffman juga mengatakan bahwa dia berencana membuat perubahan yang memungkinkan anggota sebuah subreddit untuk dengan lebih mudah mengeluarkan moderator yang membuat keputusan yang tidak populer. Beberapa moderator menganggap komentar serupa dari seorang administrator Reddit sebagai ancaman langsung, setelah ribuan subreddit menjadi pribadi untuk memprotes perubahan-perubahan pada API.

Reddit juga dilaporkan telah menghapus moderator dari subreddit yang tiba-tiba dianggap tidak aman untuk dilihat di tempat kerja. Selain bahwa komunitas-komunitas tersebut mengizinkan konten pornografi untuk pertama kalinya sebagai protes terhadap perubahan pada API, dengan menyatakan subreddit tersebut sebagai NSFW (Not Safe for Work) berarti Reddit tidak dapat memonetisasi subreddit-subreddit tersebut sesuai dengan kebijakan iklannya.