Bagikan:

JAKARTA - Pada bulan Februari, Reddit mengungkapkan bahwa mereka telah menjadi korban skema phishing, yang memungkinkan pelaku kejahatan itu dapat mengakses beberapa data rahasia karyawan, mantan karyawan, serta pengiklan. Tapi saat itu, tidak ada data yang tersebar secara publik. 

Namun, geng ransomware BlackCat yang juga dikenal sebagai ALPHV yang bertanggung jawab atas peretasan tersebut baru-baru ini mengklaim bahwa mereka memiliki 80 GB data yang sudah berhasil mereka akses dari Reddit. 

Dalam sebuah pos berjudul "The Reddit Files", BlackCat mengumumkan akan menghapus informasi tersebut jika Reddit memberinya 4,5 juta dolar atau sekitar Rp67,7 miliar dan membalikkan kenaikan harga API. Tapi jika tidak, mereka akan mulai menyebarkan data tersebut. 

Tuntutan BlackCat untuk perubahan API ini adalah tambahan baru untuk tebusan, karena perubahan Reddit tentang cara mereka berbagi data dengan pihak ketiga. Hasilnya menyebabkan aplikasi seperti Apollo ditutup karena mereka tidak akan mampu membayar biaya 20 juta dolar AS (Rp300 miliar) untuk menarik data. 

Subreddit saat ini memprotes perubahan tersebut dengan pemadaman terencana, atau pembukaan kembali dengan aturan baru bertema John Oliver. 

Bahkan, seminggu terakhir ini, banyak subreddit yang diubah menjadi pribadi untuk memprotes kebijakan API yang baru. Di mana, mereka harus membayar biaya tambahan untuk menggunakan API-nya dalam menjalankan aplikasi dan bot pihak ketiga. 

Menanggapi protes tersebut, CEO Reddit Steve Huffman dalam sebuah wawancara bersama The Verge mengatakan bahwa pemadaman aplikasi tidak berdampak terhadap keputusan perusahaan. 

"Pada kasus ini? Itu benar. Kami pernah mengalami pemadaman sebelumnya  di mana ada sedikit lebih banyak ruang untuk bergerak. Namun inti yang satu ini adalah perubahan harga API. Itu keputusan bisnis kami. Dan kami tidak membatalkan keputusan bisnis itu," katanya.