Bagikan:

JAKARTA - Akhirnya lebih dari 7.000 komunitas Reddit melakukan protes perubahan Antarmuka Pemrograman Aplikasi (API) baru perusahaan, dengan membatasi konten grup agar tidak terlihat oleh publik.

Tindakan ini memengaruhi komunitas online terbesar Reddit, seperti grup populer yang dikhususkan untuk musik, sejarah, olahraga dan permainan video serta ribuan jaringan yang lebih kecil.

Termasuk r/funny, r/gaming dan r/Music yang masing-masing memiliki lebih dari 30 juta pelanggan disetel ke pribadi. Artinya, komunitas tidak akan tersedia untuk publik.

Pada 18 April, Reddit mengumumkan perubahan pada API-nya, merupakan sebuah kebijakan yang akan membebankan biaya pada aplikasi pihak ketiga untuk terus menggunakan platformnya.

Kebijakan baru akan menagih aplikasi pihak ketiga 0,24 dolar AS per 1.000 panggilan API, yang memaksa aplikasi pihak ketiga seperti Apollo dan Sync ditutup karena harga yang tinggi.

Selama bertahun-tahun, pengguna Reddit dapat menelusuri postingan, menulis komentar, berbagi gambar dan video di Reddit dari aplikasi pihak ketiga.

Aplikasi pihak ketiga menggunakan API secara gratis sebelum perubahan kebijakan baru. Banyak pengguna seluler menggunakan aplikasi ini untuk menjelajahi platform alih-alih menggunakan aplikasi Reddit.

Pengembang Apollo Christian Selig, memperkirakan bayarannya akan mencapai 20 juta dolar AS per tahun. Dia juga mengklaim Reddit menuduhnya melakukan pemerasan dan pengembang aplikasi lainnya mengatakan Reddit tidak menanggapi pertanyaan.

"Perilaku dan komunikasinya dengan kami telah terjadi di mana-mana, mengatakan satu hal kepada kami sambil mengatakan sesuatu yang sama sekali berbeda secara eksternal, merekam dan membocorkan panggilan telepon pribadi—ke titik di mana saya tidak tahu bagaimana kami bisa berbisnis dengannya," ujar CEO Reddit Steve Huffman menanggapi Selig di utas Ask Me Anything minggu lalu.

Huffman mengungkapkan, pengembang pihak ketiga perlu membayar akses API karena model bahasa besar seperti ChatGPT milik OpenAI sedang dilatih pada datanya, sehingga perusahaan ingin menghasilkan pendapatan dari sana. Demikian dikutip dari USA Today dan The Register, Selasa, 13 Juni.