Reddit Peras Cuan Pengembang Aplikasi Hingga Ratusan Miliar, Jika Ingin Gunakan API-nya
DOK Reddit

Bagikan:

JAKARTA - Reddit baru saja mengumumkan perubahan besar pada akses Antarmuka Pemrograman Aplikasi atau API-nya, yang akan membebankan biaya kepada bisnis besar untuk penggunaan data Reddit mereka.

Langkah Reddit membuat semua pengembang aplikasi pihak ketiga yang banyak digunakan khawatir, termasuk Apollo. Hal ini karena, perubahan harga API yang diusulkan sangat tinggi sehingga sulit untuk mempertahankan layanan mereka.

Namun, keputusan Reddit ini juga sekaligus menanggapi peningkatan penggunaan platformnya oleh perusahaan Kecerdasan Buatan (AI) untuk melatih Model Bahasa Besar (LLM) mereka.

"Data API kami telah memberdayakan ribuan aplikasi, seperti alat untuk memudahkan moderasi, dan utilitas yang membantu pengguna tetap mengetahui topik favorit mereka, dan gim," ujar juru bicara Reddit.

"Pengembang sangat berharga bagi ekosistem Reddit, sedemikian rupa sehingga kami baru saja memperbarui Platform Pengembang kami," tambahnya.

CEO Reddit Steve Huffman menyoroti nilai korpus data platformnya dan menyatakan perlunya membatasi akses gratis untuk perusahaan besar, yang dijadwalkan mulai berlaku pada 19 Juni.

Menurut pengembang Apollo, Christian Selig, perubahan tersebut akan mengharuskannya menghabiskan jutaan dolar untuk mempertahankan aplikasinya tetap berjalan apa adanya di bawah kebijakan baru.

Apollo terkenal karena desain dan fungsinya yang luar biasa di luar aplikasi asli Reddit. Tetapi untuk mematuhi kebijakan API baru, Selig harus membayar sebesar 20 juta dolar AS (Rp298 miliar) per tahun. Kekhawatiran Selig berasal dari banyaknya permintaan API yang diterima Apollo.

Di mana dia menerina sekitar 7 miliar permintaan yang dibuat bulan lalu, sementara estimasi biaya menghadirkan tantangan yang menakutkan.

Meskipun menawarkan langganan, pendapatan aplikasi yang ada jauh dari menutupi biaya API yang akan datang, seperti dikutip dari Engadget dam GizmoChina, Kamis, 1 Juni.

Selig mengungkapkan, rata-rata pengguna menghasilkan sekitar 344 panggilan API per hari, sehingga memerlukan kenaikan harga langganan menjadi setidaknya 2,50 dolar AS per bulan.

Sayangnya, penyesuaian ini gagal memperhitungkan pengguna super yang menggunakan aplikasi dengan tarif lebih tinggi atau pengguna gratis aplikasi. Akibatnya, Selig harus mengantisipasi kerugian finansial besar setiap bulan, bahkan dengan basis pelanggan yang sudah ada.

Sekali lagi, juru bicara Reddit mengatakan Selig diberikan harga per 1.000 panggilan API, bukan tagihan bulanan, “Harga kami didasarkan pada tingkat penggunaan yang kami ukur agar seadil mungkin,” jelas juru bicara Reddit.

“Kami telah, dan akan terus, bekerja dengan aplikasi pihak ketiga untuk membantu mereka meningkatkan efisiensi, yang secara signifikan dapat memengaruhi keseluruhan biaya," imbuhnya.