Samsung Bakal Libas Pasar Qualcomm dengan Chip XR-nya
Samsung Chip (foto: Dok. Samsung)

Bagikan:

JAKARTA - Samsung berencana terjun ke pasar chip khusus untuk perangkat Extended Reality (XR). Diklam, sebagai langkag untuk menantang Qualcomm dan Google.

Diketahui, XR merupakan istilah umum untuk semua teknologi imersif yang menggabungkan dunia fisik dan virtual. Ini termasuk Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), serta Mixed Reality (MR).

Menurut laporan, Divisi Sistem LSI Samsung yang membuat prosesor Exynos dan sensor kamera ISOCELL telah mulai membuat prosesor untuk perangkat XR.

Prosesor Exynos sendiri bertindak sebagai Unit Pemrosesan Pusat (CPU). Tetapi, seri System-on-Chip nya (SoC) tidak dirancang untuk perangkat XR.

Karenanya, Samsung rencananya akan merancang chip baru atau memodifikasi lini Exynos yang sudah ada, agar sesuai dengan perangkat XR.

Chip itu nantinya disebut mampu memberikan kinerja tinggi dan konsumsi daya yang rendah pada perangkat. Saat ini, pengembangan chip perangkat XR masih dipimpin oleh Qualcomm.

Akhir tahun lalu, Qualcomm baru saja meluncurkan seri terbaru dari chip XR-nya, Snapdragon AR2, yang dirancang untuk kacamata AR, seperti dikutip dari GizmoChina, Kamis, 1 Juni.

Qualcomm menyatakan, lebih dari 10 pembuat perangkat XR sedang mengembangkan produk mereka berdasarkan chip ini. Jelas, bahwa Qualcomm cukup berat menjadi pesaing Samsung nantinya.