Samsung Uji Pasar, Luncurkan Galaxy S23 di Tengah Pasar Ponsel yang Lesu
Samsung Galaxy S23 diluncurkan di tengah pasar yang lesu. (foto: twitter @samsungmobile)

Bagikan:

JAKARTA - Samsung Electronics  meluncurkan smartphone premium terbarunya dengan fokus pada kamera mereka yang kuat pada Rabu, 1 Februari yang menguji kekuatan mereknya karena pasar ponsel saat ini mengalami kontraksi parah yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Analis mengatakan seri smartphone Galaxy S23, dengan kamera dan chip yang lebih cepat dari pendahulunya, masih dapat menghadapi permintaan yang lemah karena konsumen membelanjakan lebih sedikit di tengah lonjakan inflasi dalam ekonomi global yang sedang berjuang.

Mengakui tantangan itu, kepala pengalaman seluler Samsung, atau MX Business, mengatakan kepada wartawan dalam jumpa pers setelah acara bahwa ada "pergeseran nyata ke segmen premium" di pasar berkembang. "Kami bermaksud untuk fokus pada segmen premium di pasar negara maju serta beberapa negara di mana kami melihat pertumbuhan yang solid," katanya.

Pembuat smartphone memamerkan kinerja S23 Ultra di acara Samsung Unpacked di San Francisco dengan cuplikan dua film, "Behold" oleh Ridley Scott, sutradara "Gladiator" dan "The Martian," dan "Faith" oleh sutradara Korea Selatan, Na Hong-jin, yang keduanya difilmkan menggunakan smartphone Galaxy papan atas.

Ini adalah sensor kamera 200 megapiksel pertama dari Samsung, dan seri ini menggunakan prosesor seluler Qualcomm Inc  Snapdragon 8 Gen 2. Qualcomm mengatakan bahwa dengan seri S23, 100% prosesor yang digunakan akan berasal dari Qualcomm.

Pada acara tersebut, para eksekutif dari Samsung, Qualcomm dan Alphabet Inc  Google berkumpul di atas panggung untuk menyoroti kemitraan mereka di ruang XR, yang mencakup realitas virtual dan augmented.

Anshel Sag, seorang analis di Moor Insights & Strategy, mengatakan ketiganya bekerja sama di ruang XR sekitar satu dekade yang lalu.

"Saya pikir ini dirancang untuk memberi Samsung dan Google sedikit lebih banyak kredibilitas di ruang XR, karena keduanya sudah cukup lama absen di sisi perangkat keras," kata Sag, dikutip Reuters.

Di Amerika Serikat, Galaxy S23 dasar akan dihargai mulai dari 799 dolar AS (Rp12 juta) dan dua versi dengan spesifikasi lebih tinggi, S23 Plus dan S23 Ultra, masing-masing mulai dari 999 dolar AS (Rp15 juta) dan 1.199 dolar AS (Rp18,1 juta). Samsung mempertahankan harga pada tingkat yang sama seperti model tahun lalu meskipun biaya komponen naik.

Namun, pengiriman smartphone global menunjukkan penurunan terbesar yang pernah ada dalam satu kuartal pada periode Oktober-Desember, ketika turun 18,3% dari tahun sebelumnya menjadi 300,3 juta unit, menurut data yang dikeluarkan oleh perusahaan riset IDC bulan lalu. Angka-angka tersebut meragukan perkiraan pemulihan moderat di pasar ponsel tahun ini.

Di lingkungan yang sulit itu, analis mengatakan strategi seluler Samsung akan berpusat pada profitabilitas melalui penawaran premium, termasuk seri S dan ponsel lipat.

"Samsung tidak bisa lagi fokus pada peningkatan volume," kata Liz Lee, direktur asosiasi di firma riset Counterpoint. "Ini harus dengan berani menyederhanakan produk kelas bawah dan menengah, bagian pasar yang banyak dikuasai pesaing China."

Samsung mengatakan pada Selasa 31 Januari bahwa penurunan penjualan smartphone kelas bawah dan menengah pada kuartal keempat lebih besar dari yang diperkirakan.