Mobil Terbang dari  Alef Aeronautics Selangkah Lagi Menjadi Nyata Berkat Mantan Investor Tesla
Mobil terbang dari Alef Aeronautics bukan lagi sekedar konsep. (foto: dok. alef)

Bagikan:

JAKARTA - Konsep mobil terbang bukanlah hal baru. Bahkan penemu telah beberapa kali mencoba menambahkan sayap ke kendaraan bermotor beroda selama beberapa dekade terakhir namun dengan keberhasilan yang sangat terbatas.

Jim Dukhovny, pendiri Alef Aeronautics, berharap untuk mengubah pendapat itu. Perusahaannya yang berbasis di California ini telah menghasilkan pendekatan baru untuk memindahkan kendaraan darat ke langit dan telah menarik setidaknya satu pemodal ventura terkemuka untuk mendanai proyeknya.

Model A Alef, yang baru saja muncul dari masa persiapan tujuh tahun, tidak terlihat seperti mobil terbang di film-film lama. Namun lebih mirip taksi terbang Bruce Willis dalam film 1997 "The Fifth Element."

Penampilan yang tidak biasa, yang menampilkan bodi yang membalik di sisinya untuk menjadi sayap setelah lepas landas, hanyalah salah satu aspek yang menarik sang Tim Draper. Dia adalah investor awal yang mendanai di Tesla Inc dan SpaceX, perusahaan milik Elon Musk.  Tim Draper  lewat Draper Associates Fund V  telah mendukung Alef sebesar 3 juta dolar AS dalam bentuk modal awal.

Setelah Draper melakukan investasi awal yang sederhana, "Saya memasukkan lebih banyak (uang) ketika saya melihat bahwa mereka telah membuat prototipe drone kecil yang melakukan persis seperti yang mereka katakan kepada saya," katanya dalam email. “Desainnya luar biasa. Sisi-sisi mobil menjadi sayap ketika pesawat bergerak mendatar.”

Berbasis di Santa Clara di jantung Lembah Silikon, Alef telah merancang Model A, mobil listrik yang tampak swoopy namun relatif konvensional, dengan kemampuan lepas landas dan mendarat secara vertikal. Dan tentu saja, bisa terbang.

Dukhovny, yang merupakan CEO Alef, belum pernah membuat mobil sampai sekarang. Dia adalah seorang ilmuwan komputer, perancang perangkat lunak, penggemar fiksi ilmiah, dan pengusaha yang pernah menjalankan situs game online bernama Intellectual Casino.

Dalam sebuah wawancara, dia mengatakan Model A adalah buatan tangan dirancang untuk dijual seharga 300.000 dolar AS, dengan produksi dan pengiriman awal dijadwalkan pada tahun 2025. Label harga itu adalah harga awal yang sama yang direncanakan untuk kendaraan listrik merek Cadillac. , Celestiq, yang tiba untuk pelanggan pada awal 2024, menurut induk Cadillac General Motors Co.

Salah satu fitur yang membedakan Model A dari versi mobil terbang sebelumnya adalah cara terbangnya. Setelah terangkat dari tanah, kokpit berputar dan bodi serat karbon terbalik, lalu bergerak maju, didorong oleh serangkaian baling-baling. Sebagian besar upaya terbaru lainnya oleh pesaing menyerupai drone raksasa dan tidak mampu melakukan perjalanan beroda di darat.

"Seluruh mobil adalah sayapnya," kata Dukhovny, seperti dikutip Reuters.

Alef memperkirakan jarak mengemudi mobil terbang ini 200 mil (322 km) dan jangkauan penerbangannya mencapai radius  100 mil (160 km).

Dukhovny memiliki trik yang lebih besar di lengan bajunya untuk tahun 2030, yakni sebuah sedan Model Z yang diusulkan, dengan jangkauan penerbangan 200 mil dan jangkauan mengemudi 400 mil serta harga yang diproyeksikan sebesar 35.000 dolar AS.

"Ini tidak lebih rumit dari Toyota Corolla," katanya. "Tujuan kami adalah untuk memastikan harga yang sama."