Bagikan:

JAKARTA - Robotaxi Tesla telah menjadi topik pembicaraan selama beberapa bulan terakhir, dan tak lama lagi dilaporkan akan dikenalkan pada publik. 

Dilaporkan Automotive News, dikutip 4 September, menyebutkan bahwa pabrikan mobil ini akan memperkenalkan mobil tersebut di fasilitas Warner Bros. Discovery di dekat Los Angeles pada tanggal 10 Oktober.

Sementara CEO Elon Musk belum menanggapi permintaan komentar, sehingga tanggal tersebut belum dikonfirmasi. Sebelumnya, ia telah menyebutkan tanggal 10 Oktober, tetapi lokasinya belum diungkapkan pada saat itu. 

Jadwal perilisan menjadi Oktober ini sebenarnya mundur dari jadwal semula yang dijadwalkan pada 8 Agustus. Musk sebelumnya juga telah meminta perubahan desain yang membutuhkan waktu pengembangan lebih lama sebelum pengungkapan.

Mengenai lokasinya di studio film Warner Bros. Discovery yang terletak di Burbank, dinilai amat cocok bagi Tesla karena memiliki lingkungan simulasi dengan jalan-jalan yang dipetakan dengan cermat dan tampilan yang hampir seperti kehidupan nyata.

Tesla dapat menggunakan lokasi ini untuk mendemonstrasikan taksi otonom baru tanpa khawatir tentang lalu lintas umum, dan lokasinya yang kompak memudahkan untuk memetakan rute dalam perangkat lunak kendaraan. Perlu dicatat bahwa perusahaan lain, seperti Cruise milik GM dan Waymo milik Alphabet, melakukan pengujian pra-pemetaan, tetapi rute mereka berada di jalan raya umum dengan kendaraan dan pejalan kaki lainnya.

Selain itu Elon Musk sendiri belum mengungkap ambisinya soal taksi otonom Tesla ini, baik itu soal kemampuan dan teknologi yang disematkan, selain itu investor juga perlu mendengar beberapa jaminan bahwa ambisi Musk diarahkan ke arah yang benar.