Bagikan:

JAKARTA - CEO Tesla Elon Musk mengisyaratkan penundaan peluncuran mobil robotaxi perusahaannya. Penundaan ini dilakukan untuk mengakomodasi perubahan desain penting pada bagian depan kendaraan dan "menampilkan beberapa hal lainnya."

Musk tidak menyebutkan kapan Tesla akan menggelar acara peluncuran resmi mobil robotaxi tersebut. Sebelumnya, Bloomberg News melaporkan bahwa acara yang semula dijadwalkan pada 8 Agustus diundur hingga Oktober.

"Saya meminta perubahan desain yang menurut saya penting pada bagian depan mobil. Waktu tambahan ini juga memungkinkan kami untuk memamerkan beberapa fitur lain," kata Musk melalui platform media sosial x pribadinya, menanggapi unggahan pengguna yang membahas acara peluncuran tersebut.

Seorang sumber anonim yang mengetahui masalah ini pada hari Jumat membenarkan penundaan acara peluncuran, namun tidak menjelaskan lebih lanjut.

Sementara dilansir Reuters, 16 Juli, mengingat banyaknya tantangan teknik dan regulasi yang dihadapi dalam pengembangan mobil robotaxi dan sistem autonomous driving, analis Wall Street dan investor Tesla tidak terkejut dengan penundaan peluncuran ini.

Sebelumnya, pada 5 April, Reuters melaporkan bahwa Tesla telah membatalkan rencana produksi mobil murah yang sudah lama dijanjikan. Sebagai gantinya, Tesla akan melanjutkan pengembangan mobil robotaxi swakemudi pada platform kendaraan kecil yang sama.

Musk sendiri sejauh ini belum memberikan banyak detail mengenai mobil robotaxi. Ia hanya mengatakan bahwa sebagian kendaraan akan dimiliki dan dioperasikan oleh Tesla, sementara sebagian lainnya akan dimiliki perorangan namun disewakan melalui jaringan Tesla.