Bagikan:

JAKARTA - Porsche Panamera generasi terbaru atau generasi ketiga telah diperkenalkan secara global pada akhir tahun lalu. Jajaran atas dari model ini akan segera diluncurkan namun sebelum itu Porsche baru-baru ini  telah mengujinya di di sirkuit Nurburgring Nordschleife, Jerman.

Hasil pengujian jajaran atas model ini pun mengesankan baik mesin ICE dan hybrid dengan memperoleh rekor tercepat di sirkuit Nurburgring Nordschleife, Jerman dengan bukukan catatan waktu 7:24,17 atau 5,64 detik lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya.

Factory Driver Porsche Lars Kern, mengatakan bahwa Panamera terbaru telah mencapai kemajuan yang signifikan khususnya dalam melalui berbagai tikungan sehingga membuat pengendalian dari sedan ini menjadi lebih lincah.

5

“Sasis Porsche Active Ride baru telah memberikan kontribusi yang sangat besar. Mobil tetap sejajar dengan jalan sepanjang waktu. Menikung dan stabilitas bodinya berada pada level yang benar-benar baru,” kata Kern dalam laman resmi merek, Selasa, 16 Juli.

Hal lebih mengesankannya lagi, mobil bergaya premium ini tercatat lebih cepat dari sejumlah mobil supercar, seperti Maserati MC12 dengan 7:24,29, Pagani Zonda F Clubsport yang catatkan 7:24,65, serta Lamborghini Aventador LP700-4 7:25,00.

Demi mendukung performanya, Porsche memberi Panamera terbaru ini dengan ban Michelin Pilot Sport Cup 2 275/35 ZR 21 di depan dan 325/30 ZR 21 pada belakangnya yang dirancang secara khusus untuk model ini.

2

Tidak hanya itu, mobil ini diberi paket Carbon Aerokit opsional yang berperan dalam menghilangkan gaya angkat pada gandar depan. Dikombinasikan dengan penutup Gurney pada spoiler belakang 4 arah adaptif, hasil akhirnya adalah downforce yang maksimal.

“Powertrain, aerodinamis, sasis, ban baru berperforma ultra tinggi dari Michelin – banyak aspek yang berkontribusi pada momen terbaik ini,” kesan Kern.

Porsche menerjunkan Panamera varian Turbo E-Hybrid atau yang tertinggi dalam jajarannya. Mobil ini dibekali dengan mesin V8 4,0 liter turbo digabungkan dengan motor listrik yang memompa tenaga 680 ps dan torsi 930 Nm.

Terintegrasi dengan sistem transmisi PDK dual-clutch delapan percepatan, mobil ini mampu berlari dari 0 ke 100 km/jam dalam waktu 3,2 detik dengan menghasilkan kecepatan tertinggi hingga 315 km/jam.

Selain itu, Panamera generasi ketiga ini juga memiliki teknologi plug-in hybrid (PHEV) dengan baterai  25,9 kWh yang membuat mobil melaju hingga jangkauan 91 km pada tenaga listrik murni dan kompatibel dengan pengisian daya AC 11 kW, sehingga mampu mengisi daya baterai hingga 2 jam 39 menit.