McDonald Terima Pembayaran dalam Bitcoin di Lugano, <i>Hotspot</i> Kripto di Eropa Barat
McDonald kini mulai menerima Bitcoin (BTC) sebagai metode pembayaran di kota Lugano. (twitter @McDonalds)

Bagikan:

JAKARTA –Di tengah kontroveesi atas nilainya yang terus menurun, Bitcoin dan aset kripto lainnya, semakin populer dan banyak dipergunakan dalam perdagangan. 

Bahkan, perusahaan makanan cepat saji multinasional McDonald kini mulai menerima Bitcoin (BTC) sebagai metode pembayaran di kota Lugano yang berpenduduk 63.000 orang di wilayah Swiss yang berbahasa Italia. Kota itu kini menjadi hotspot untuk adopsi kripto di Eropa Barat.

Video berdurasi satu menit tentang cara memesan makanan di kios digital McDonald's dan kemudian membayarnya di kasir reguler dengan bantuan aplikasi seluler diunggah di Twitter oleh Majalah Bitcoin pada 3 Oktober.

Logo Tether (USDT) dapat terlihat selanjutnya ke simbol Bitcoin pada mesin ATM kredit. Pada Maret 2022 kota Lugano sendiri sudah mengumumkan akan menerima Bitcoin, Tether, dan token LVGA sebagai alat pembayaran yang sah.

Pada 3 Maret 2022, kota menandatangani nota kesepahaman dengan Tether Operations Limited, meluncurkan apa yang disebut "Rencana B." Menurut rencana ini, Tether telah menciptakan dua dana – yang pertama adalah 106 juta dolar AS (Rp1,6 triliun) , atau 100 juta franc Swiss, kumpulan investasi untuk startup crypto, dan yang kedua adalah sekitar 3 juta dolar AS (Rp45,8 miliar), atau 3 juta franc Swiss, upaya untuk mendorong adopsi crypto untuk toko dan bisnis di seluruh kota.

Selain memungkinkan penduduk Lugano membayar pajak mereka menggunakan kripto, proyek ini juga digunakan memperpanjang pembayaran untuk tiket parkir, layanan publik, dan biaya sekolah untuk siswa. Lebih dari 200 toko dan bisnis di area tersebut juga diharapkan menerima pembayaran kripto untuk barang dan jasa.

Berbicara kepada Cointelegraph pada Juni lalu, Paolo Ardoino, chief technology officer Tether dan Bitfinex, mengklaim bahwa Plan B “berjalan dengan baik,” seraya mengumumkan kegiatan pendidikan dua minggu tentang blockchain dan cryptocurrency di kota.

Pada September 2021, El Salvador menjadi negara pertama di dunia yang mengizinkan penggunaan Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah. Sejak saat itu, McDonald's telah menerima Bitcoin di 19 gerainya di negara tersebut.