Jelang Sidang Gugatan Elon Musk Setuju Lanjutkan Akusisi Twitter, Saham Pun Meroket
Elon Musk akhirnya setuju lanjutkan akuisisi Twitter sebelum sidang gugatan. (foto: twitter @tesla)

Bagikan:

JAKARTA – Dua minggu sebelum gugatan Twitter digelar, CEO Tesla, Elon Musk, kembali  mengusulkan untuk melanjutkan tawaran awalnya mengakuisisi media sosial itu sebesar 44 miliar dolar AS (Rp673 triliun) . Tawaran ini menandai  yang muncul pada Selasa, 4 Oktober ini menandakan berakhirnya pertempuran hukum yang bisa memaksa Musk untuk membayar ganti rugi hingga 1 miliar dolar AS.

Sebuah kesepakatan akan menempatkan orang terkaya di dunia sebagai pihak yang bertanggung jawab atas salah satu platform media paling berpengaruh di dunia. Kesepakatan ini juga bisa mengakhiri litigasi yang merusak merek Twitter dan memberi cap pada reputasi Musk atas perilaku yang tidak menentu.

Musk, awalnya ingin mengambil alih perusahaan tersebut pada bulan April, tetapi ingin membatalkannya pada Juli lalu.

Saham Twitter langsung melonjak 22,2% dan ditutup pada 52,00 dolar AS pada perdagangan Selasa lalu, sementara saham Tesla juga naik 2,9% menjadi 249,44 dolar AS per lembar.

Berita itu muncul menjelang pertarungan yang sangat dinanti antara Musk dan Twitter di Delaware's Court of Chancery pada 17 Oktober, di mana perusahaan media sosial itu akan mencari perintah pengadilan yang mengarahkan Musk untuk menutup kesepakatan senilai 44 miliar dolar AS.

Musk mengirim surat kepada Twitter pada Senin, 3 Oktober  yang mengatakan bahwa dia bermaksud untuk melanjutkan kesepakatan dengan persyaratan asli jika hakim Delaware tetap melanjutkan prosesnya. Sebuah sumber yang akrab dengan tim Twitter mengatakan kepada Reuters bahwa pada sidang pengadilan pada Selasa pagi, hakim meminta kedua belah pihak untuk melapor kembali pada malam hari.

Alasan Musk Belum Jelas

Tidak segera jelas alasannya, mengapa Musk memilih untuk meninggalkan pertarungannya melawan Twitter. Dia mungkin khawatir akan kalah, dan bisa jadi akan menghadapi  pertanyaan yang suloit selama sidang. "Dia akan digulingkan dan banyak fakta yang tidak menyenangkan akan terungkap," kata Eric Talley, seorang profesor di Columbia Law School menyebut alasan Musk melanjutkan akuisisi Twitter.

Twitter menerima surat Musk dan bermaksud untuk menutup kesepakatan dengan harga asli 54,20 dolar AS. Namun Twitter tidak mengatakan apakah mereka menerima tawaran Musk ini.

Musk, salah satu pengguna Twitter yang paling menonjol, mengatakan pada bulan Juli bahwa dia bisa pergi tanpa penalti karena jumlah akun bot jauh lebih tinggi dari perkiraan Twitter yang hanya kurang dari 5% pengguna. Bot adalah akun otomatis, dan penggunaannya dapat menyebabkan perkiraan yang berlebihan tentang berapa banyak manusia yang ada di layanan. Data ini penting untuk menentukan tarif iklan dan nilai keseluruhan layanan.

Tim hukum Twitter pada 27 September mengatakan bahwa dokumen yang diperoleh dari dua ilmuwan data yang dipekerjakan oleh Musk menunjukkan bahwa mereka memperkirakan jumlah akun palsu di platform sebesar 5,3% dan 11%.

"Tidak satu pun dari analisis ini sejauh yang kami tahu mendukung apa yang dikatakan Mr. Musk kepada Twitter dan kepada dunia dalam surat penghentian," kata pengacara Twitter Bradley Wilson kepada pengadilan.

“Kesepakatan asli adalah perjanjian yang sangat ramah penjual yang akan sangat sulit untuk dihilangkan," kata Adam Badawi, seorang profesor hukum di UC Berkeley. “Musk menyadari kemungkinan besar itu akan memaksanya untuk menutup pada 54,20 dolar AS per saham."

Penyelesaian antara kedua belah pihak akan menghidupkan kembali ketakutan di antara pengguna Twitter tentang rencana Musk untuk platform tersebut, yang telah menghilangkan suara-suara konservatif politik terkemuka. Pendukung Donald Trump berharap Musk akan mengaktifkan kembali akun mantan presiden AS, yang dilarang setelah serangan 6 Januari 2021 di US Capitol oleh para pendukungnya.

Timbulkan Kontroversi Twitter

Selama ini Musk telah menggunakan Twitter untuk menimbulkan kontroversi, termasuk pada Senin lalu ketika ia melayangkan rencana perdamaian untuk perang Ukraina-Rusia yang mendapat kecaman cepat dari Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy.

Penyelesaian dengan harga asli tersebut juga akan memungkinkan Musk untuk membiayai transaksi tanpa komplikasi. Jika Musk dan Twitter telah menegosiasikan ulang harga, secara teknis akan memungkinkan pendukung yang berkomitmen untuk pergi.

Musk telah menjual saham Tesla senilai 15,4 miliar dolar AS (Rp235,6 triliun) sejak ia setuju untuk membeli Twitter. Dia mengatakan dia tidak berencana untuk menjual lebih banyak sahamnya di Tesla, tetapi beberapa analis memperkirakan dia akan menjual sahamnya lebih lanjut untuk mendanai kesepakatan dengan Twitter.

Musk juga telah mendapatkan komitmen pembiayaan dari bank - termasuk Morgan Stanley, Bank of America Corp, Mitsubishi UFJ Financial Group Inc  dan Barclays Plc, untuk memberikan pinjaman sebesar 12,5 miliar dolar AS (Rp191,2 triliun) untuk mendukung akuisisi Twitter .

Bank-bank yang setuju untuk membiayai akuisisi kemungkinan akan kehilangan ratusan juta dolar dalam kesepakatan itu karena mereka akan berjuang untuk menarik investor untuk membeli utang, mengingat penurunan di pasar sejak kesepakatan itu ditandatangani.

Namun, bank setuju untuk memberikan pembiayaan terlepas dari apakah mereka dapat menjual pinjaman dan menghadapi peluang hukum yang panjang membebaskan diri dari komitmen pembiayaan, menurut pengajuan peraturan.

Karena Twitter telah menerima dukungan pemegang saham untuk penjualan ke Musk, kesepakatan itu dapat ditutup dengan cepat dalam beberapa minggu mendatang jika kedua belah pihak menyelesaikan persyaratan awal. Pada bulan Juni, Twitter mengatakan masa tunggu untuk izin antimonopoli telah berakhir, menunjukkan bahwa kesepakatan itu bisa dilanjutkan.