Cruise Taksi Otonom dari General Motors Segera Beroperasi di Phoenix dan Austin
Taksi Otonom Cruise saat beroiperasi di San Francisco. (foto: twitter @Cruise)

Bagikan:

JAKARTA - Cruise, perusahaan kendaraan otonom milik General Motors, akan meluncurkan layanan robotaxi di Phoenix, Arizona, dan Austin, Texas, sebelum akhir 2022. Keterangan itu muncul dari CEO perusahaan tersebut pada Senin 12 September.

Perusahaan tersebut saat ini mengoperasikan layanan tumpangan hanya di satu kota, San Francisco, di mana mereka telah menerima izin untuk mulai menagih pelanggan untuk perjalanan awal tahun ini. Layanan itu membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk ditingkatkan namun Cruise sekarang mengatakan dapat melakukan hal yang sama di dua kota baru dalam 90 hari.

Cruise telah melakukan pengujian otonom di Phoenix melalui kemitraan pengiriman dengan Walmart. Tetapi belum pernah mengerahkan kendaraan apa pun di Austin, yang menurut CEO Cruise, Kyle Vogt, belum pernah terjadi sebelumnya.

“Di Austin, yang sangat saya sukai adalah kami beralih dari nol jejak kaki — tanpa peta, tanpa infrastruktur di lapangan — ke wahana tanpa pengemudi yang menghasilkan pendapatan pertama kami dalam waktu sekitar 90 hari,” kata Vogt saat berpidato di a Konferensi Goldman Sachs, Senin, 12 September yang dikutip The Verge. "Ini adalah sesuatu yang orang-orang pikirkan mungkin membutuhkan waktu bertahun-tahun."

Memang, butuh bertahun-tahun bagi Cruise untuk meluncurkan layanan taksi tanpa pengemudi berbayar di San Francisco. Perusahaan ini awalnya berencana untuk meluncurkan layanan robotaxi komersial di sana pada tahun 2019 tetapi gagal melakukannya setelah menyatakan bahwa teknologinya belum cukup siap.

Cruise saat ini menawarkan berbagai layanan di San Francisco, dari perjalanan siang hari dengan kendaraan otonomnya dengan pengemudi yang aman di belakang kemudi hingga perjalanan malam hari dengan mobil tanpa pengemudi. Sayang, Cruise saat ini dilarang menawarkan perjalanan tanpa pengemudi pada siang hari.

Saat ini, hanya segelintir operator AV yang benar-benar mengerahkan kendaraan tanpa pengemudi, juga dikenal sebagai kendaraan otonom Level 4, di jalan umum. Waymo, unit self-driving dari Alphabet, telah mengoperasikan kendaraan Level 4 di pinggiran kota Phoenix selama beberapa tahun, termasuk perjalanan dengan pelanggan yang membayar. Mereka juga berencana meluncurkan layanan berbayar di San Francisco dan kota-kota sekitarnya dalam beberapa bulan mendatang.

Motion, perusahaan patungan antara Hyundai dan Aptiv, sedang menguji kendaraan L4-nya di Las Vegas. Yandex, raksasa teknologi Rusia, menguji kendaraan Level 4 di Las Vegas selama Consumer Electronics Show pada tahun 2020 tetapi telah menutup operasinya di AS setelah invasi Rusia ke Ukraina. Bahkan perusahaan teknologi China, Baidu, mulai menguji kendaraannya tanpa pengemudi yang aman di negara asalnya pada akhir 2020.

Dalam komentarnya hari ini, Vogt menyiratkan bahwa hubungan Cruise dengan GM memberikan keunggulan atas para pesaingnya, berkat keahlian terakhir dalam pembuatan kendaraan dalam skala besar.

Ini akan memastikan bahwa Cruise tidak hanya dapat menyebarkan kendaraannya di kota-kota baru dengan cepat tetapi juga dapat melakukannya sambil menyerap biaya yang terkait dengan setiap peluncuran baru.

“Masing-masing pasar baru ini memiliki overhead,” katanya. “Kami telah mengatur jalur meluncur, di mana di satu sisi, peningkatan teknologi yang kami buat membuka pasar baru, seperti kemampuan baru — mungkin cuaca yang sangat buruk atau hal lainnya — dan di sisi lain, Anda melihat kami meningkatkan kapasitas produksi untuk mendorong kendaraan ke pasar tersebut.”

Armada Cruise saat ini terdiri dari kendaraan listrik Chevy Bolt yang dilengkapi dengan sensor, seperti kamera, radar, dan lidar. Perusahaan sedang menguji kendaraan generasi berikutnya, Cruise Origin, di tempat uji coba di Michigan, dengan rencana untuk meningkatkan produksi tahun depan.

“The Origin adalah kendaraan nyata sekarang, dan kami sedang mengujinya di jalur tertutup,” kata Vogt. "Ini benar-benar mengemudi secara mandiri di sini."

Vogt memperkirakan bahwa Cruise akan menghasilkan pendapatan tahunan hingga 1 miliar dolar AS (Rp14,8 triliun) pada tahun 2025. Ini adalah sebuah pernyataan berani mengingat betapa lambatnya AV telah keluar dari gerbang.