Meta akan Mematikan Aplikasi Perpesanan untuk Pasangan Tuned Mulai Bulan September
Meta menghentikan Tuned, aplikasi untuk pasangan (foto: NPE)

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa hari lalu, Meta mengumumkan akan menghentikan aplikasi khusus untuk pasangan bernama Tuned setelah mengalami penurunan lebih dari dua tahun sejak diluncurkan pertama kali.

"Waktunya telah tiba untuk mengucapkan selamat tinggal… Tuned akan dihentikan pada bulan September ini," tulis perusahaan dalam pengumumannya di Facebook, dikutip Rabu, 27 Juli.

Menurut laporan dari salah satu pengguna aplikasi tersebut, Meta mulai memberikan pemberitahuan kepada penggunanya untuk mulai mengunduh data mereka sebelum tanggal 19 September, sebelum aplikasi tidak lagi berfungsi.

“Kami sangat berterima kasih atas semua kreativitas dan umpan balik dari komunitas ini dan terima kasih dari lubuk hati kami. Kami telah belajar banyak dari Anda. Kami berharap ini membantu memperkuat hubungan Anda seperti halnya bagi kami dengan mitra kami sendiri," tulis Meta.

Diketahui, Tuned merupakan proyek di bawah Tim Eksperimen Produk Baru (NPE) Meta yang diluncurkan pada bulan-bulan awal masa pandemi. 

"Kami memulai sebagai proyek eksperimental kecil pada tahun 2020, dan sangat bangga dengan banyaknya pasangan sejak saat itu yang memberi tahu kami bahwa Tuned membuat mereka lebih dekat," lanjut perusahaan.

Tuned dibuat untuk pasangan agar tetap berhubungan satu sama lain meski hanya virtual saja. Tuned juga hadir dengan berbagai fitur, mulai dari perpesanan dan kuis yang dirancang untuk menciptakan hubungan yang lebih intim.

Di Tuned, pengguna bisa bertukar catatan, foto dan video, tantangan, pesan suara, hingga berbagi musik yang terintegrasi dengan Spotify. Pengguna juga dapat mengatur suasana hati masing-masing, dan fitur "check-in" untuk mendorong pasangan mengungkapkan perasaan mereka tentang hubungan pada saat tertentu.

“Sekarang saatnya untuk mengambil pelajaran digital yang telah kita pelajari dan melanjutkannya IRL dengan cara kita sendiri,” tutup pengumuman tersebut.