Bagikan:

JAKARTA - D.O. EXO akan mengakhiri kontrak eksklusifnya dengan SM Entertainment. Pihak agensi mengonfirmasi kabar tersebut setelah rumor ini mulai beredar pada Rabu, 18 Oktober.

“Kontrak eksklusif D.O. bersama kami akan berakhir pada awal November,” kata pihak SM Entertainment pada hari yang sama.

Agensi menjelaskan, meski penyanyi bernama asli Doh Kyungsoo itu keluar tapi ia masih beraktivitas dengan SM untuk kegiatan EXO ke depannya.

“Setelah berdiskusi dengan D.O., diputuskan bahwa dia akan melanjutkan aktivitas EXO bersama SM, tapi diputuskan bahwa dia akan melanjutkan kegiatan individu dan akting melalui agensi baru yang ia dirikan bersama mantan manager SM,” kata mereka lagi.

Pada hari yang sama, D.O. meluncurkan Company SooSoo, agensi yang ia dirikan bersama mantan manager SM dan bekerja dengannya sejak debut. Nama SooSoo merupakan gabungan dari nama belakang D.O. dan manager tersebut.

Sehari sebelumnya, SM Entertainment merilis pernyataan terkait kabar member EXO lainnya, Chanyeol dan Sehun yang mendirikan agensi baru. Kabarnya mereka menandatangani kontrak dengan seorang produser.

Agensi membantah laporan tersebut dan menyebutkan para member sudah menandatangani kontrak terbaru pada akhir tahun 2022 lalu. Kontrak ini yang sempat menjadi permasalahan sehingga Baekhyun, Chen, dan Xiumin menggugat untuk transparansi kontrak pada bulan Maret lalu.

Kemudian, SM Entertainment menyebutkan bahwa mereka memiliki persyaratan berbeda kepada member EXO. Alhasil, seluruh member EXO diperbolehkan melakukan kegiatan individu selama mereka mendirikan perusahaan sendiri sehingga mereka tetap bisa beraktivitas dengan EXO.

“Terkait aktivitas indivdiu, kami secara kondisional mengizinkan mereka melalui perusahaan yang mereka dirikan sendiri, selama dalam kontrak eksklusif bersama SM,” kata agensi.

Sebelumnya, Lay EXO sudah terlebih dahulu menyelesaikan kontrak eksklusif bersama SM Entertainment pada tahun 2022. Ia kembali ke China dan mendirikan agensi sendiri yang menjadi perusahaan bagi artis-artis dan kegiatan solonya.

Di sisi lain, D.O. menyapa penggemar dengan film The Moon serta album mini keduanya, Expectation pada tahun ini. Ia juga membintangi variety GBRB: Reap What You Sow bersama Kim Ki Bang, Lee Kwang Soo, dan Kim Woo Bin.