Bagikan:

JAKARTA - Chen, Baekhyun, dan Xiumin EXO menemui titik damai dengan SM Entertainment. Pihak agensi merilis pernyataan gabungan dengan EXO-CBX dan menulis penjelasan mengenai beberapa hal dalam permasalahan mereka.

“Halo, ini SM Entertainment. Baru-baru ini agensi dan ketiga artis (Chen, Baekhyun, Xiumin) mengangkat masalah dengan pendirian berbeda. Agensi dan tiga artis dengan tulus meminta maaf karena menimbulkan kekhawatiran bagi banyak orang yang mendukung EXO,” kata SM Entertainment pada hari ini, Senin, 19 Juni.

Mereka mengklaim sudah berdiskusi sehingga mencapai kesepakatan di mana ketiganya merevisi bagian kontrak dan melanjutkan kontrak sebagai member EXO.

“Agensi dan tiga artis akan melanjutkan hubungan kontrak sembari menjalani aktivitas EXO secara aktif dan melanjutkan proses diskusi dan koreksi pada beberapa bagian. Agensi mendengarkan pendapat ketiga artis dan pihak agensi menyampaikan posisi mereka terkait ini,” lanjutnya.

“Agensi dan tiga artis akan melakukan diskusi seimbang dan kami berjanji akan memperkuat hubungan kami. Selebihnya agensi akan mendukung ketiga artis agar setiap artis bisa menjalani promosi dan menunjukkan kemampuan mereka,” tutur agensi.

SM Entertainment juga menjelaskan konflik ketika mereka menduga adanya pihak ketiga di balik pengajuan pemutusan kontrak EXO-CBX. Melalui pernyataan ini mereka juga meminta maaf kepada pihak yang terseret.

“Agensi menerima informasi bahwa pihak ketiga mendekati ketiga artis dengan intensi yang tidak adil dan kami mengetahui penyebabnya. Melalui diskusi ini, kami mengetahui ada salah paham. Kami minta maaf kepada pihak yang terseret karena pengumuman kami,” katanya.

“Agensi dan ketiga artis juga menyampaikan permintaan maaf kepada penggemar sekaligus member EXO di samping ketiga member dan mereka yang percaya dan menunggu EXO dan kami akan melakukan yang terbaik untuk mengembalikan dukungan yang mereka berikan,” begitu pernyataan pihak agensi.

Kasus ini juga dianggap menjadi perenungan SM Entertainment mengenai hak dan pendapat artis seiring dengan proyek SM 3.0. Mereka berusaha mengubah SM 3.0 agar proyek ini menjadi bernilai dan lebih adil dan menghormati artis mereka.

Pada awal Juni, Chen, Baekhyun, Xiumin mengajukan pemutusan kontrak dan direspons oleh SM Entertainment. Perwakilan mereka membalas klaim agensi dan pihak agensi merespons dengan menyatakan mereka akan memberi salinan laporan transparansi.

Di sela-sela pengajuan tersebut, Chen, Baekhyun, dan Xiumin terlihat tetap berpartisipasi dalam promosi album terbaru EXO. Mereka melakukan syuting video musik, merekam lagu hingga syuting variety show bersama para member.