Bagikan:

JAKARTA - SM Entertainment mengumumkan mereka menggugat Chen, Baekhyun, dan Xiumin EXO (CBX) secara hukum. Mereka menganggap ketiga idol ini tidak memenuhi aturan kontrak.

“Kami telah mengajukan gugatan kepada Chen, Baekhyun, dan Xiumin dengan Pengadilan Distrik Seoul untuk menuntut pemenuhan kontrak mereka,” kata SM Entertainment.

Lebih lanjut, agensi yang menaungi EXO itu akan merespons sesuai dengan kebijakan pengadilan. Mereka juga tidak menjelaskan terkait tuntutan yang diberikan EXO-CBX.

“Kami akan merespons sesuai dengan hukum dan kebijakannya,” kata pihak SM Entertainment.

Agensi mengajukan gugatan karena mereka tidak bisa toleransi terhadap tindakan Chen, Baekhyun, dan Xiumin yang dianggap tidak masuk akal. Mereka meminta persetujuan mereka disetujui sebagai tahap pertama.

Pada Senin, 10 Juni, Chen, Baekhyun, dan Xiumin EXO diwakili oleh agensi mereka, INB100 mengadakan konferensi pers untuk menjelaskan SM Entertainment tidak memenuhi perjanjian dan menuntut bagian di luar hak mereka.

“SM Entertainment mengabaikan persyaratan negosiasi yang menjadi dasar perjanjian dan menuntut 10 persen pendapatan dari aktivitas individu artis dari INB100. INB100 mengirimkan sertifikasi berisi konten mengenai tindakan salah tersebut, namun SM Entertainment belum memberikan tanggapan selama lebih dari dua bulan,” kata pihak INB100.

INB100 mengklaim SM Entertainment tidak memenuhi biaya distribusi musik EXO-CBX sebanyak 5,5 persen, tapi meminta 10 persen bagian dari aktivitas Chen, Baekhyun, dan Xiumin sebagai penyanyi solo.

Beberapa jam kemudian, SM Entertainment membantah laporan tersebut dan mengatakan, “Esensi dari seluruh insiden ini adalah tindakan MC Mong dan Cha Ga Won terhadap artis kami.”

“CBX menikmati keuntungan sebagai member EXO tapi menolak janji atau kebijakan,” katanya.

EXO-CBX sendiri menyatakan bahwa mereka akan tetap beraktivitas sebagai member EXO di bawah naungan SM Entertainment, termasuk berdiskusi untuk membuat album pada tahun ini.