Pernyataan Chen Baekhyun Xiumin EXO usai Mengajukan Pemutusan Kontrak dengan SM Entertainment
EXO-CBX (SM Entertainment)

Bagikan:

JAKARTA - Kabar mengejutkan datang dari tiga member EXO. Chen, Baekhyun, dan Xiumin mengajukan pemutusan kontrak eksklusif kepada SM Entertainment. Pernyataan ini disampaikan pengacara Lee Jae Hak dari firma LIM pada hari ini, Kamis, 1 Juni.

Mereka mengirimkan sertifikasi konten kepada SM selama tujuh kali sejak 21 Maret. Mereka meminta laporan transparansi dan kesepakatan. Namun hingga saat ini, agensi tidak memenuhi kontrak eksklusif dan tidak memberi laporan dengan menyatakan tidak dapat memberi salinan tersebut.

“Ini adalah hak minimum dan sah para seniman untuk meminta dasar yang akurat dan transparan untuk penyelesaian yang belum jelas hingga saat ini, dan SM juga berkewajiban untuk mematuhinya sesuai dengan kontrak eksklusif dan Undang-Undang Pengembangan Industri Seni dan Budaya Populer. Namun, SM akhirnya mempertahankan posisi yang tidak adil dengan menyatakan bahwa mereka tidak dapat memberikan salinan laporan tersebut,” begitu pernyataan Lee Hae Jak.

Setelah berhasil membuat artis menandatangani kontrak 12-13 tahun, kini mereka mendorong artis mereka untuk memperpanjang kontrak hingga 17-18 tahun. Hal ini dianggap sebagai penyalahgunaan kekuasaan.

“Terkait hal ini, artis merasa SM menggunakan posisi superior mereka untuk memaksa artis menandatangi kontrak budak yang berlangsung selama 20 tahun termasuk masa training yang tidak jauh. Artis ingin menyampaikan ketidakadilan yang mereka tidak bisa sampaikan melalui pernyataan berikut,” kata pihak agensi.

Beberapa poin dalam pernyataan sesuai dengan paragraf di atas, akan tetapi mereka menambahkan beberapa poin seperti agensi dianggap gagal memenuhi kewajiban dalam membayar hak artis mereka. Karena SM tidak bisa memenuhinya, maka ketiga member mengajukan pemutusan kontrak eksklusif per tanggal 1 Juni.

“Seperti dalam kasus artis (Baekhyun, Xiumin, dan Chen), jika laporan penyelesaian dan dasar penyelesaian belum diberikan kepada artis SM lain, ini bukan hanya masalah bagi Baekhyun, Xiumin, dan Chen tetapi juga masalah potensial untuk semua artis di bawah SM,” lanjutnya.

“Sebenarnya, sangat sulit bagi Baekhyun, Xiumin, dan Chen untuk mengajukan tuntutan hukum terhadap perusahaan besar seperti SM, tetapi mereka melakukannya dengan pemikiran dan keberanian bahwa ini juga untuk [klarifikasi] berbagai keraguan yang banyak dirasakan artis SM,” katanya.

Chen, Baekhyun, dan Xiumin sudah menandatangani kontrak selama 12 hingga 13 tahun dengan SM. Durasi ini melewati tujuh tahun sesuai aturan dan bisa merugikan artis. Xiumin dan Chen yang awalnya direncanakan aktif di China justru menandatangi kontrak dengan durasi lebih 10 tahun, melewati jarak kontrak sebenarnya.

Pada hari yang sama, SM Entertainment merilis pernyataan. Mereka menduga ada pihak luar yang mempengaruhi keputusan Chen, Baekhyun, dan Xiumin ketika mengajukan pemutusan kontrak eksklusif.

Chen, Baekhyun, dan Xiumin yang aktif sebagai member EXO juga aktif dalam aktivitas solo baik sebagai aktor maupun penyanyi. Kabarnya EXO dijadwalkan merilis album baru pada tahun ini.