Rekrut Chen dan Xiumin, Baekhyun EXO Dirikan Agensi Sendiri, I&B 100
Baekhyun EXO (Twitter @weareoneEXO)

Bagikan:

JAKARTA - Baekhyun EXO resmi mendirikan agensi sendiri bernama I&B 100. Agensi ini merupakan proyek terbarunya setelah ia sempat bersiteru dengan agensi terdahulunya, SM Entertainment terkait transparansi kontrak.

Mengutip TenAsia, Baekhyun terdaftar sebagai pemilik dan CEO dari I&B 100. Ia juga sudah menyelesaikan proses registrasi mengenai direktur.

Mereka mencatat Baekhyun sudah mendaftarkan perusahaan ini sejak 23 Juni 2023. Hal ini menandakan Baekhyun sudah merencanakan dan merealisasi perusahaan sebelum perpanjangan kontrak dengan SM Entertainment pada Agustus lalu.

Dua member EXO lainnya, Chen dan Xiumin juga dikabarkan bergabung dengan I&B 100. Sejauh ini, pihak Baekhyun belum merilis pernyataan.

Selain itu, Baekhyun juga terdaftar sebagai direktur eksekutif di One Signature, perusahaan yang ia dirikan bersama Kasper, teman sekaligus koreografer populer di Korea Selatan. Perusahaan itu akan berfokus dengan para koreografer.

SM Entertainment merilis pernyataannya bahwa Chen, Baekhyun, dan Xiumin masih memiliki kontrak dengan agensi namun mereka diizinkan untuk melakukan aktivitas individu di mana pun.

“Kontrak eksklusif kami dengan tiga member EXO masih berjalan. Kami tidak bisa merilis isi perjanjian secara spesifik,” kata SM Entertainment.

“Tapi kami membuat ini memungkinkan agar tiga member bisa terlibat dalam aktivitas individu sesuai dengan perjanjian perusahaan,” katanya.

Sebelumnya, D.O. menjadi member EXO pertama yang mendirikan perusahaan individu setelah mengakhiri kontrak individu dengan SM Entertainment. D.O. meluncurkan Company Soosoo yang didirikan bersama manajernya.

Baik D.O. maupun Baekhyun masih memiliki kontrak grup untuk aktivitas bersama EXO sebagai grup aktif di SM Entertainment.