Hak Cipta Disney Resmi Berakhir, Trailer Film <i>Mickey’s Mouse Trap</i> Dirilis
Mickey Mouse Trap (tangkapan layar)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah film slasher bernama Mickey’s Mouse Trap meluncurkan trailer film untuk pertama kali. Hal ini kemudian menjadi pertanyaan publik mengenai nasib hak cipta Disney untuk karakter Mickey Mouse.

Ternyata, Mickey Mouse akan menjadi domain publik per tahun 2024. Selama ini mereka menjadi bagian dari Disney setelah cerita Mickey dan Minnie Mouse dalam cerita Steamboat Willie dari Walt Disney pada tahun 1928 dirilis.

Cerita klasik itu nantinya akan tersedia untuk digunakan dalam berbagai aspek baik buku maupun film dan tidak terbatas dari Disney saja.

Trailer film Mickey’s Mouse Trap itu menampilkan karakter Mickey Mouse yang berbeda dari imej biasanya. Kini ia menjelma sebagai pembunuh yang menggunakan topeng untuk memburu anak-anak di dunia permainan.

Ceritanya berfokus dengan Alex yang merayakan ulang tahun ke-21, namun ia terjebak di sebuah arena permainan karena pekerjaannya. Teman-temannya ingin memberi kejutan kepada Alex hingga mereka bertemu dengan pembunuh bertopeng yang mengenakan topeng Mickey Mouse.

Pembunuh ini memutuskan untuk membuat teman-temannya mengikuti permainan yang juga akan menyelamatkan Alex. Film ini diarahkan oleh Jamie Bailey dan ditulis oleh Simon Philips. Ceritanya terinspirasi dari gim horor Infestation 88.

Melansir Variety, ini merupakan salah satu versi modern dari Mickey yang tidak terdampak dari hak cipta Steamboat Willie. Pihak Disney menyebut nantinya Mickey Mouse masih diunjuk sebagai ambassador global dari perusahaan mereka.

“Mickey akan terus berperan sebagai ambasador global untuk Walt Disney Company dalam cerita kami, atraksi, dan merchandise,” begitu perwakilan Disney.

“Kami akan, tentunya, terus melindungi hak kami dalam versi modern Mickey Mouse dan proyek lain yang berkaitan dengan hak cipta dan kami akan bekerja melindungi konsumen dari kebingungan yang disebabkan oleh penggunaan tidak sah atas Mickey dan karakter ikonik kami lainnya,” tambah perusahaan tersebut.

Hal tersebut juga dijelaskan dalam trailer film Mickey’’s Mouse Trap. Mereka menuliskan, “PERINGATAN: INI BUKAN FILM ATAU PRODUKSI DISNEY. INI TIDAK TERLIBAT ATAU DIENDORSE OLEH DISNEY DALAM CARA APA PUN.”

Film ini hanya menggunakan Steam Boat Willie Mickey Mouse sebagai domain publik. Mickey Mouse Steamboat Willie memasuki domain publik pada 1 Januari 2024 kemarin.