13 Januari dalam Sejarah: Pertama Kalinya Komik Mickey Mouse Dipublikasikan
Komik Mickey Mouse (Sumber: Wikimedia Commons)

Bagikan:

JAKARTA - 13 Januari 1930 tepat hari ini 91 tahun lalu, komik strip Mickey Mouse pertama kalinya dipublikasikan. Komik paling awal ini ditulis oleh Disney bersama dengan pencipta Mickey Ub Iwerks dan Win Smith. 

Cerita yang pertama kali mereka angkat adalah adaptasi dari cuplikan pendek Mickey Mouse, seperti Plane Crazy. Cerita tersebut, Mickey ingin meniru Charles Lindbergh sebagai seorang penerbang tunggal. 

Namun setelah beberapa minggu komik dirilis, Iwerks mundur, lalu lima bulan kemudian Disney meninggalkan Win Smith sendirian untuk menggarap komik Mickey Mouse. Karena beban kerja berlebih, Win Smith kewalahan sampai akhirnya hengkang dari proyek tersebut.

Hal ini membuat Disney harus segera mencari pengganti mereka. Kemudian dia memutuskan untuk memilih animator baru, Floyd Gottfredson. 

Gottfredson sangat bersemangat untuk bekerja di bidang animasi dan enggan untuk mengambil tugas komik. Disney meyakinkannya bahwa posisi itu hanya sementara sampai penggantinya dapat ditemukan.

Mengutip Comics Alliance, Rabu 13 Januari 2021, selama Gottfredson mengerjakan segalanya untuk komik strip Mickey Mouse dari 1930 sampai pensiun pada 1975, Gottfredson membuat strip dan karakter di komik menjadi suatu hal yang menakjubkan. 

Sebagian besar penggemar modern mungkin menganggap Mickey Mouse hanya sebagai maskot perusahaan atau protagonis hambar. Namun Mickey buatan Gottfredson adalah tokoh yang ikonik. 

Seiring berjalannya waktu, strip komik Mickey masuk dan keluar dari berbagai genre dengan mudah. Mickey suatu hari akan menyelamatkan peternakan paman Minnie, hari berikutnya menerbangkan pesawat kertas, berkeliaran di kastil berhantu, memecahkan misteri, mengalahkan hantu, dan melawan ilmuwan gila. 

Pengembangan karakter

Gottfredson lalu membuat komik tersebut bersama penulis skrip bernama Bill Walsh. Gottfredson kemudian semakin memiliki banyak peluang mengembangkan karakter Mickey dan Minnie serta pemeran pendukung mereka seperti Clarabelle Cow dan Horace Horsecollar, kemudian Goofy, dan penjahat seperti Peg-Leg Pete. 

Gottfredson juga memperkenalkan karakter baru, sebagian besar sudah dilupakan saat ini tetapi sangat populer pada saat itu seperti sahabat Butch, Tanglefoot, dan Eega Beeva humanoid masa depan. Gottfredson juga, tentu saja, bertanggung jawab atas kisah komik Mickey paling terkenal sepanjang masa, "Mickey Mouse Outwits the Phantom Blot".

Selama cerita terkenal lainnya seperti "Island in the Sky," "Blaggard Castle," "Mickey Mouse and the 'Lectro Box," dan "The Seven Ghosts," Gottfredson dan kolaboratornya menjadikan Mickey Mouse sebagai petualang yang tidak memiliki rekan.

Sayangnya pada 1955, Disney memutuskan untuk mengubah komik strip Mickey Mouse menjadi format lelucon-a-day, sebuah format komik strip yang menimbulkan gaya penulisan kartun komik sedemikian rupa sehingga setiap strip memberikan lelucon atau semacam pernyataan artistik lainnya. Gottfredson dan Walsh terus terlibat dalam pembuatan. 

Pada 1990-an, animator pemenang penghargaan Floyd Norman menulis strip dan berusaha mengembalikan komik strip Mickey Mouse ke serial petualangan. Tetapi tidak lama kemudian kontrak Disney dengan King Features berakhir dan komik strip dibatalkan. Komik strip Mickey pensiun di usia 65 tahun pada 1995. Strip terakhirnya diproduksi oleh Colette Bezio dan Thomas Lewis. 

Kita harus mengambil waktu sejenak untuk mencatat bahwa strip Mickey Mouse dari 30-an dan 40-an, seperti Tintin, termasuk dalam kategori favorit dengan pendekatan kuno pada topik tertentu. Konon, komik strip itu layak untuk dilihat, terutama dalam rangkaian koleksi indah.