'Kelahiran' Donald Bebek: Karakter Terpopuler Disney yang Jadi Alat Propaganda AS dalam Sejarah Hari Ini, 9 Juni 1934
Donald Bebek di North End Christmas Parade (Sumber: Commons Wikimedia)

Bagikan:

JAKARTA - Pada 9 Juni 1934, Walt Disney memperkenalkan Donald Duck alias Donald Bebek untuk pertama kalinya dalam film berjudul The Wise Little Hen. Dalam dekade-dekade selanjutnya Donald Bebek muncul dalam berbagai film pendek, panjang, serial televisi, komik, video gim, dan buku. Dia bahkan jadi bagian Hollywood Walk of Fame pada 2004.

Donald Bebek (Sumber: Commons Wikimedia)

Donald Bebek lebih sering muncul di berbagai film pendek dan film layar lebar daripada karakter Disney lainnya. Donald Bebek tampil di sekitar 150 film teater, lebih banyak daripada karakter Disney lainnya.

Donald Bebek juga jadi karakter buku komik yang paling banyak diterbitkan di dunia selain genre superhero. Selama Perang Dunia II, meski harus menghentikan sebagian besar produksinya, Disney mewakili kehadirannya dengan menggunakan Donald Bebek di beberapa film propaganda Amerika.

Ilustrasi foto (Sumber: Commons Wikimedia)

Salah satu animasi ini mendapatkan Disney Academy Award untuk Film Pendek Terbaik. Meski The Wise Little Hen adalah penampilan perdana Sang Kartun, ia sebenarnya pertama kali muncul di media cetak, beberapa tahun sebelumnya.

Pada 1931 Donald Bebek muncul di buku berjudul The Adventures of Mickey Mouse yang merupakan buku pertama Disney. Buku itu dicetak untuk penjualan eceran, meski dengan penampilan yang berbeda.

Sifat dan karakter khas Donald Bebek

Kehadiran simbolik karakter Donald Bebek di Argentina (Sumber: Commons Wikimedia)

Walt Disney memunculkan Donald Bebek untuk memperkenalkan karakter yang memiliki sifat resah untuk mengimbangi Mickey Mouse yang periang. Selama fase percobaan penciptaan karakter Donald Bebek, Disney membaca tentang pemain kriket Australia bernama Donald Bradman, yang menjadi berita utama setelah dipecat karena bebek.

Sifat karakter dari Donald Bebek pun sebenarnya beragam. Hal itu memungkinkannya ditampilkan dalam banyak peran. Donald Bebek pernah tampil sebagai perwira militer dan guru, hingga paman dari tiga anak bebek: Kwik, Dewey dan Louie.

Kwik, Dewey dan Louie adalah keponakan Donald Bebek yang hadir pertama kali pada 1938 dalam film pendek Donald's Nephew. Hal menarik menurut penggemar Donald Bebek adalah karakteristiknya, nada suara yang unik, juga sikap pemarah namun menggemaskan.

Donald Bebek juga dikenal nakal dan gemar menyombongkan diri. Mulut kuningnya, sifat ceria, dan ucapan yang sulit dipahami membuatnya langsung populer hingga kini. Mengutip BBC, rahasia umur panjang Donald Bebek terletak pada penguasaan bahasanya yang khas, yang mana tidak dapat dipahami.

Ilustrasi foto (Sumber: Commons Wikimedia)

Ia memiliki niat baik untuk dunia dan tetap rendah hati. Jeff Archambault, Wakil Presiden Pemasaran di Disneyland Paris, pada 2004 mengatakan: Saya pikir rahasianya adalah pemuda abadi dan kualitas nakal ini.

"Dari semua karakter Disney, dia adalah orang yang menunjukkan kualitas paling manusiawi. Dia bisa lucu, sangat nakal, tetapi terkadang dia mengalami hari yang sangat buruk," tambah Jeff.

Setelah kematian Walt Disney, Donald Bebek tidak muncul lagi di layar sampai 1983. Donald Bebek terus menjadi legenda hari ini dan masih ditampilkan dalam film kartun, acara televisi, dan komik.

Donald Bebek yang begitu menyenangkan menunjukkan dia selalu masuk ke dalam situasi dan kesulitan dan harus keluar dengan menggunakan akalnya dan sumber daya yang tipis. Karena politisasi karakternya selama Perang Dunia Kedua, Donald Bebek juga pandai memukul lawan dan ditampilkan dalam kampanye di seluruh dunia.

*Baca Informasi lain soal BUDAYA POPULER atau baca tulisan menarik lain dari Putri Ainur Islam.

 

SEJARAH HARI INI Lainnya