Bagikan:

JAKARTA - Tahun 2020, Chris Hemsworth ‘memanaskan’ industri perfilman dengan film terbarunya kala itu, Extraction. Rilis di tengah pandemi, film ini seakan menjadi angin segar di tengah bioskop yang harus ditutup dan masyarakat bergantung dengan layanan OTT (over the top).

Benar saja, film arahan Sam Hargrave itu menjadi film orisinal Netflix yang paling banyak ditonton dalam waktu cepat. 99 juta total view (menurut klaim Netflix) diperoleh dalam waktu empat minggu perilisan yang semakin mempertegas bahwa film ini benar-benar angin segar.

Animo yang besar tentu menghasilkan potensi sekuel. Hemsworth dan Hargrave kembali berkolaborasi di bawah produser Joe dan Anthony Russo. Extraction 2 mempertemukan mereka dalam film thriller aksi tersebut.

Film pertamanya penuh dengan aksi intens yang memanjakan mata dan hal itu diharapkan hadir dalam sekuel. Apakah terjawab?

Extraction 2 menceritakan kelanjutan film pertamanya, Tyler Rake (Chris Hemsworth) ditemukan selamat dan menjalani perawatan selama beberapa bulan. Setelah dinyatakan pulih, Tyler Rake memutuskan untuk tinggal di sebuah pondok di daerah terpencil.

Tak butuh waktu lama, banyak yang mencari Tyler Rake untuk tugas mengingat ia dikenal sebagai tentara bayaran pasar gelap yang legenda. Ia mengetahui kakak dari mantan istrinya, Ketevan (Tinatin Dalakishvili) beserta anak-anaknya yang dipenjara bersama suaminya yang seorang gangster, Davit Radiani.

Davit berusaha menahan istri dan anak-anaknya di penjara sementara ia mengelola jaringan narkoba bersama rekan narapidana. Tyler Rake kemudian berusaha menyelamatkan Ketevan di tengah proses extraksi. Namun Davit terbunuh dan saudaranya, Zurab (Tornike Gogrichiani) berupaya mencari Tyler Rake untuk balas dendam.

Sesuai judulnya, film ini menawarkan perjuangan extraksi yang rapi dan penuh ketegangan. Selayaknya superhero, Tyler Rake menampilkan sisi ambisiusnya dalam upaya menyelamatkan keluarga yang merindukan kebebasan - seperti dirinya.

Film ini memperlihatkan adegan intens pertaruhan yang berkali kali lipat menegangkan dari film pertamanya. Rangkaian adegan extrasi terutama yang ditunjukkan dalam teaser Extraction 2 terasa menyenangkan dengan pengadegannya yang bersih.

Harmoni ini terjadi bukan hanya Chris Hemsworth yang ciamik dalam beradegan tapi juga bantuan kamera yang menangkap setiap adegan. Mulai dari aksi di kerusuhan penjara, pabrik, hutan terpencil hingga aksi kejar-kejaran dalam kereta dengan helikopter.

Selain itu desain suaranya juga bermain dengan luar biasa dalam adegan ini alhasil penonton juga turut merasakan ketegangan di tengah penjara yang dialami Tyler Rake. Extraction 2 menjadi peningkatan yang lebih besar dari orisinalnya.

Tyler Rake juga diberi beban konflik yang lebih besar ketika kenangan tentang mantan istri dan anaknya terus membayangi. Trauma itu menjadi sumber emosional Rake yang membuatnya berjuang menyelamatkan Ketevan serta dua anaknya. Ada relasi kesedihan yang menjadikan aksi penyelamatan itu terjadi bukan hanya karena Tyler Rake dibayar.

Penggemar thriller aksi khususnya Extraction tampaknya akan menikmati sajian di sekuel sekaligus menantikan kisah-kisah selanjutnya.

Extraction 2 turut dibintangi Golshifteh Farahani, Adam Bessa, Olga Kurylenko, Andro Jafaridze, Marta Kovziashvili, Daniel Bernhardt, Levan Saginashvili serta Idris Elba.

Film Extraction 2 akan rilis di Netflix secara global pada hari ini, Jumat, 16 Juni 2023.