Bahaya dan Sering Dilanggar, Tangga Ikonik Haiku di Hawaii akan Dihilangkan
Keindahan pemandangan di setelah menyusuri Haiku Stairs, Hawaii membuat orang rela mengambil risiko dan melanggar aturan. ( Wikimedia Commons/kalenemsley)

Bagikan:

JAKARTA - Tangga Haiku yang terkenal di Hawaii, kadang-kadang disebut 'Stairway to Heaven', kemungkinan akan dihilangkan tahun depan setelah pertemuan Dewan Kota Honolulu untuk membahas masalah yang sedang berlangsung dengan situs tersebut.

Tangga yang memiliki 3.922 anak tangga melewati jalur gunung setinggi 2.800 kaki di Kaneohe, di sisi timur Oahu, awalnya dibangun oleh Angkatan Laut AS pada 1940-an.

Puncak dari tangga ini adalah kawasan yang seolah berada di atas awan, dengan penduduk setempat menyebutnya sebagai pemandangan sebagai yang terbaik di seluruh Hawaii.

Pada tahun 1987, tangga secara permanen dibuat terlarang untuk umum. Tapi itu tidak menghentikan pejalan kaki, YouTuber, pencari sensasi dan turis lain untuk menyelinap ke situs.

Ada banyak cedera di sana selama bertahun-tahun, yang terbaru adalah seorang pemain berusia 24 tahun yang mengalami cedera lutut dan harus diterbangkan pada Bulan April lalu.

haiku stairs
Ilustrasi Haiku Stairs Hawaii. (Wikimedia Commons/Hawai Foto)

"Karena pelanggaran ilegal yang merajalela, Tangga Haiku adalah kewajiban dan biaya yang signifikan bagi kota, dan berdampak pada kualitas hidup penduduk terdekat," anggota dewan Esther Kiaʻāina mengatakan kepada afiliasi CNN Hawaii News Now, seperti dikutip 16 September

Kiaʻāina, yang distriknya termasuk Kaneohe, menulis Resolusi 21-154, proposal untuk menghapus tangga. Pada tanggal 8 September, Dewan Kota Honolulu memberikan suara bulat mendukung penghapusan tangga untuk selamanya.

"Kota ini telah menghabiskan hampir 1 juta dolar Amerika Serikat pembayar pajak untuk merombak tangga dan ratusan ribu dolar untuk biaya keamanan," uajr anggota dewan Brandon Elefante kepada Hawaii News Now.

Langkah itu kemudian dikirim ke Walikota Honolulu Rick Blangiardi. Dia diharapkan untuk menyetujui penghapusan Tangga Haiku dan mengalokasikan 1 juta dolar Amerika Serikat dari anggaran kota untuk menutupi biaya. Dia memiliki waktu 60 hari untuk membuat keputusan akhir.

"Pada dasarnya, tidak pantas untuk memiliki objek wisata dengan manfaat tinggi yang masuk melalui lingkungan perumahan ini, yang tidak memiliki kapasitas untuk menyediakan fasilitas atau parkir yang sesuai," tulis walikota dalam email ke outlet lokal Honolulu Civil Beat.

haiku stairs
Ilustrasi Haiku Stairs Hawaii. (Wikimedia Commons/kalenemsley)

“Selain itu, tidak ada akses tak terbatas ke tangga dan pemilik tanah utama di pangkalan menegaskan tidak tertarik untuk memberikan akses. Akibatnya, pemerintahan saya selaras dengan resolusi Dewan Kota untuk menghapus tangga dan kami berniat untuk memindahkannya. maju dengan rencana yang diperlukan," sambung Blangiardi.

Setelah tindakan tersebut disetujui secara resmi, kantor walikota harus menetapkan batas waktu untuk pembongkaran dan penghancuran tangga. Saat ini, ada denda maksimum $1.000 untuk orang yang tertangkap masuk tanpa izin di Tangga Haiku.