Saat Sains dan Tradisi Menyatu, Mengamini Hawaii Rumah Terbaik Bagi Pelangi
Pelangi ganda di Hawaii. (Wikimedia Commons/Jameslperry)

Bagikan:

JAKARTA - Ilmuwan Atmosfer dari Universitas Hawaii di Manoa Steven Businger menyebut, Hawaii merupakan tempat terbaik di bumi untuk menikmati pelangi yang dituangkan dalam publikasi terbarunya.  

"Pentingnya budaya pelangi tercermin dalam bahasa Hawaii," kata Steven Businger yang memiliki banyak kata dan frasa untuk menggambarkan variasi manifestasi di Hawaii, melansir Euronews.

Terletak di Pasifik subtropis, Hawaii memiliki curah hujan, sinar matahari dan angin yang cukup untuk menghasilkan formasi pelangi. Waktu sarapan disebut merupakan waktu terbaik untuk melihat pelangi di Hawaii.

Dalam makalahnya, Businger menguraikan empat faktor tambahan yang mempengaruhi prevalensi pelangi di seluruh pulau, yang menjadi negara bagian dari Amerika Serikat ini. 

pelangi hawaii
Pelangi di langit pusat kota di Hawaii (Unsplash/@little_plant)

"Pada malam hari, permukaan laut yang hangat memanaskan atmosfer dari bawah, sementara radiasi ke luar angkasa mendinginkan puncak awan, menghasilkan hujan yang lebih dalam di pagi hari yang menghasilkan pelangi pada saat sarapan," Businger menjelaskan.

Selain faktor atmosfer, ada juga faktor geografis. Pegunungan Hawaii menyebabkan aliran angin didorong ke atas, membentuk awan dan menghasilkan curah hujan. Tanpa pegunungan, Hawaii akan menjadi gurun dengan curah hujan tahunan kurang dari 17 inci.

Faktor ketiga yang kondusif untuk penampakan pelangi adalah pemanasan siang hari, yang mendorong sirkulasi skala pulau. Selama periode angin yang lebih ringan, hujan deras terbentuk di puncak punggung bukit di atas Oahu dan Kauai pada sore hari, menghasilkan pelangi yang indah saat matahari terbenam.

Karena keterpencilan Kepulauan Hawaii, udaranya sangat bersih dan bebas polusi, debu benua, dan serbuk sari. Ini adalah faktor keempat yang berkontribusi pada banyaknya pelangi cerah dengan spektrum warna penuh.

pelangi hawaii
Pelangi di Hawaii. (Unsplash/acfehawaii.org)

Budaya pelangi

Hawaii sebenarnya dikenal sebagai negara pelangi. Dalam mitologi tradisional, pelangi adalah elemen penting dari cerita berbasis dewa di pulau.

Di seluruh pulau, pelangi disebut aneune setelah Dewi Aneune. Aneune menggunakan pelangi sebagai jalan antara langit dan bumi, dalam perannya sebagai pembawa pesan antara manusia dan para Dewa. 

Pelangi juga merupakan jalan bagi orang mati untuk menuju surga. Dalam makalah Businger, dia menganalisis bagaimana pelangi telah menjadi bagian penting dari budaya Hawaii.

Di mana Anda dapat melihat pelangi terbaik di Hawaii? Ada beberapa titik di sekitar Hawaii yang paling cocok untuk tempat bercak pelangi.

pelangi hawaii
Pelangi di Pangkalan Militer Amerika Serikat Pearl Harbor, Hawaii. (Wikimedia Commons/US Navy PHC King)

Pertama, Oahu. Disebut sebagai tempat berkumpul dan rumah bagi ibu kota negara bagian Honolulu, Oahu telah dikenal untuk melihat beberapa pelangi pada satu waktu, dan bahkan pelangi bulan, pelangi malam yang menggunakan cahaya dari bulan dan bukan matahari.

Berikutnya ada Kauai. Mengalami lebih banyak hujan daripada pulau lainnya, membuatnya Kauai ideal untuk formasi pelangi. Nelayan di bagian ini melaporkan melihat pelangi naik dari laut.