Enam Kota Romantis di Eropa Ini Jadi Destinasi Impian Rayakan Valentine
Kolase kota-kota romantis di Eropa. (VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Merayakan Valentine bersama pasangan terkasih di lokasi nun-jauh dari tempat tinggal, tentu mengasyikan dan sangat berkesan ya. Apalagi jika bisa merayakannya di Eropa.

Ya, Benua Biru terkenal memiliki banyak destinasi tempat-tempat wisata yang tersohor. Sejumlah kota di Eropa diketahui sebagai kota romantis, selain Paris, yang banyak dituju wisatawan. Enggak cuma karena alamnya saja ya, kota romantis juga dilihat dari keberadaan tempat belanja hingga candle light dinner yang berkesan.

Dirangkum dari Euronews, berikut enam kota romantis di Eropa: 

Verona, Italia

verona
Verona. (Alessandro Carrarini/Unsplash)

Bukan kebetulan jika Verona adalah lokasi untuk kisah cinta terkenal Romeo dan Juliet karya Shakespeare. Keindahan alam dan arsitektur kota di Italia ini, menghadirkan nuansa romantis yang berkesan.

Hanya satu jam dari kanal-kanal Venesia yang ramai, pasangan kekasih dapat menikmati Verona dengan segala kemegahannya. Jelajahi Piazza Bra berbatu-batu yang indah, rumah bagi konser internasional dan pameran sejarah, atau kagumi Ponte Pietra yang berlapis sinar matahari di seberang sungai Adige.

Di sini, Anda dapat menunjukkan kasih sayang dengan mengajak pasangan berbelanja di kawasan ritel terkenal, Via Mazzini, dimana sejumlah butik dan rumah mode ternama ada di sini, mulai dari Armani, Trussardi hingga Furla.

Kota ini bahkan memiliki Festival of Love sendiri yang puncaknya dirayakan setiap 14 Februari. Cocok bukan dengan Hari Valentine?

Praha, Ceko

Praha
Praha. (JESHOOTS.COM/Unsplash)

Praha mungkin terkenal karena bir dan dosnya yang murah, tetapi jangan biarkan hal itu menutupi sisi asmara mereka.

Menakjubkan sebagai kartu pos bergambar, kota ini memiliki tidak kurang dari 100 menara gereja yang menjadikannya tempat liburan romantis bagi mereka yang menyukai arsitektur. Ibukota Ceko adalah perpaduan eklektik gaya Art Nouveau, Baroque, Gotik dan Renaissance.

Berjalan bergandengan tangan melalui jalan-jalan kuno di atas jembatan berornamen dan melalui alun-alun yang lucu, ini mirip dengan dongeng untuk kekasih. Dan jangan lupa untuk mengemas kunci agar Anda dapat menuju ke Lovers ’Bridge yang terkenal. Ini adalah tempat kecil tapi khusus, di mana ratusan pasangan memasang gembok dengan pesan sebagai tanda kasih sayang mereka yang abadi satu sama lain.

Untuk mengurangi beban kaki Anda setelah berjalan-jalan, mengapa tidak merasa seperti pangeran dan putri dalam kehidupan nyata saat Anda diantar berkeliling di jalan-jalan sempit Kota Tua Praha yang menawan dengan kereta kuda yang elegan?

Wina, Austria

wina
Wina. (Daniel Plan/Unsplash)

Perpaduan antara jalanan Wina yang indah, arsitektur megah, hotel, dan suasana damai, menjadikannya tujuan yang ideal untuk pasangan.

Perlu diyakinkan? Jika Anda pernah menonton film Before Sunrise, Anda pasti sudah tahu bahwa ini adalah salah satu kota paling romantis di Eropa. Seperti karakter dalam film, Anda tidak perlu waktu lama untuk jatuh cinta lagi dengan pasangan. Pilihlah dari banyak bar atap yang tersebar di sekitar kota, di mana Anda dapat menikmati pemandangan langit yang spektakuler sambil menyeruput koktail yang menyegarkan.

Jadikan makan malam istimewa dengan makan malam romantis diterangi cahaya lilin di salah satu bianglala tertua di dunia. Anda dapat mencapai ketinggian yang memusingkan di sini, bersantap dengan tiga macam hidangan lengkap dengan anggur di kabin pribadi Anda selama 90 menit.

Dubrovnik, Kroasia

Dubrovnik
Dubrovnik. (Morgan/Unsplash)

Kroasia mengukir namanya di Eropa sebagai salah satu tempat teratas untuk pasangan yang mencari romansa. Dan itu adalah Dubrovnik yang harus Anda tuju terlebih dahulu, karena telah dijuluki sebagai 'Mutiara Laut Adriatik'.

Bayangkan jalanan berliku, arsitektur abad pertengahan, dan matahari terbenam berwarna jingga di atas laut yang berkilauan. Untuk mendapatkan salah satu lokasi terbaik, naik kereta gantung ke puncak Gunung Srđ yang menjulang setinggi 1.352 kaki sebagai bagian dari pegunungan Alpen Dinaric.

Saksikan matahari terbenam, dan saksikan langit diterangi dengan semburan warna merah, merah jambu, dan ungu sebelum akhirnya turun. Serius, adakah yang lebih romantis selain menyaksikan matahari terbenam bersama kekasih?

Dan jangan lupa untuk mengabadikan momen untuk semua postingan Instagram yang penting itu. Jika Anda mendambakan waktu sendiri, tinggalkan keramaian dengan membawa diri Anda dan kekasih Anda dalam perjalanan perahu pribadi ke Kepulauan Elaphiti untuk pengalaman yang benar-benar tenang.

Venesia, Italia

venesia
Venesia. (Danijel Durkovic/Unsplash)

Kota yang satu ini hampir pasti tidak akan dilewatkan dari daftar kota romantis di Eropa, bahkan dunia. Karena, di sini Anda dan pasangan bisa menikmati waktu sambil naik gondola di sepanjang kanal dan perairan.

Anda dapat memilih untuk melihat Venesia dari sudut pandang salah satu lotharios paling terkenal di dunia, Casanova, dengan menuju ke Jembatan Rialto, tempat ia bertemu kekasihnya. Waktu terbaik untuk menuju ke jembatan yang megah ini adalah, saat matahari terbenam tepat waktu untuk menyaksikan cahaya Grand Canal.

Kota perdagangan abad pertengahan di perairan ini menjadi tempat yang ideal untuk tersesat di labirin gang dan jembatan penyeberangan. Dan ada banyak piazza keren tempat Anda dapat menikmati makanan atau menikmati satu atau dua spritzer untuk menyegarkan diri. Jika Anda ingin meninggalkan keramaian, pergi dan jelajahi beberapa pulau di Venesia yang memiliki lebih sedikit orang yang bertualang ke sana, menawarkan banyak privasi.

Madrid, Spanyol

madrid
Madrid. (Florian Wehde/Unsplash)

Kota yang lincah dan bersahaja ini akan menghibur dua insan yang tengah jatuh cinta selama akhir pekan di Spanyol.

Pendekatan kota yang santai ketika datang ke waktu makan berarti Anda dapat berlama-lama menikmati segelas vermouth di kafe trotoar di Plaza de la Paja, sebelum menghabiskan sore berbagi hidangan udang panas dan patatas brava.

Untuk membakar kalori, berjalan-jalanlah di sekitar Retiro Park, yang membentang hampir 350 hektar dan merupakan ruang hijau terbesar di kota. Mereka yang lebih suka berada lebih dekat ke air dapat menyewa perahu dayung untuk berlayar romantis di Estanque del Retiro, danau buatan di tepi taman.

Untuk akhir hari yang sempurna, pertimbangkan malam yang mengunjungi Royal Palace ke Las Vistillas dan saksikan bulan muncul di atas pegunungan Guadarram.