Jelajahi Serunya Liburan ke 7 Kota di Eropa Ini dengan Naik Kereta
Kolase. (VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Salah satu keunggulan sistem transportasi di Eropa adalah, jaringan rel kereta yang membentang di benua ini, dari utara ke selatan, dari timur ke barat.

Adanya jaringan kereta yang menghubungkan antar kota ini, pastinya memudahkan wisatawan untuk menjelajahi kota-kota yang indah di Eropa tanpa perlu menggunakan pesawat terbang. Berikut tujuh kota cantik di Eropa yang bisa dijangkau dengan menggunakan jaringan kereta api, dilansir dari Euronews.

Bern, Swiss

Bern
Bern. (Keith Hasler/Unsplash)

Liburan di sini, Anda bisa menikmati keindahan Sungai Aare yang dikelilingi keindahan Pegunungan Alpen yang tertutup salju. Jangan lewatkan kesempatan untuk berbelanja di kawasan shopping arcade yang membaur dengan bar gudang bawah tanah, kafe hingga toko kerajinan.

Mau dapat pemandangan terbaik? Cobalah naiki 344 anak tangga dan menuju puncak Katedral Bern yang ada di Altstadt (kota tua). Kereta langsung beroperasi ke Bern dari Paris dan Frankfurt dalam 4,5 jam. Dari Brussel dan London, perjalanan memakan waktu 7,5 jam dengan sekali pergantian.

Florence, Italia

Florence
Florence. (Jeff Ackley/Unsplash)

Tidak mungkin untuk memilih hanya satu tempat kuliner di Eropa, tetapi kota Florence yang mempesona di Italia adalah pilihan yang sangat menggiurkan. Mengandalkan makanan lokal, berkelanjutan, dan musiman, suguhan Tuscan seperti roti pipih schiacciata dan steak Florentine yang beraroma sering ada di menu. Cicipi tagliatelle yang dibuat dengan jamur truffle dan porcini yang bersumber secara lokal, atau pilih pasta pappardelle babi hutan, diikuti dengan gelato terbaik di seluruh negeri.

Kereta malam mencapai Florence dalam 10 jam dari Munich, menjadikan kota ini tujuan yang ideal untuk liburan kereta jarak jauh. Dari Jenewa, perjalanannya kurang dari 6,5 jam.

Amsterdam, Belanda

Amsterdam
Amsterdam. (Red Morley Hewitt/Unsplash)

Berkat pelukis terkenal seperti Van Gogh dan Rembrandt, Amsterdam menjadi kota seni ikonik. Rumah bagi karya Master Belanda di Rijksmuseum dan karya modern yang sama menariknya di Stedelijk, mudah untuk melihat mengapa ibu kota Belanda dianggap sebagai salah satu pusat budaya Eropa. Jelajahi lebih jauh dan Anda akan menemukan lebih banyak lagi, mulai dari patung luar ruangan hingga galeri independen kecil.

Anda dapat naik kereta langsung dari Frankfurt ke Amsterdam dalam empat jam, dari London hanya dalam waktu 3,5 jam dan dari Paris dalam tiga jam.

Sevilla, Spanyol

Seville
Sevilla. (Marcelo Kunze/Unsplash)

Meskipun agak jauh, Sevilla di selatan Spanyol akan membayar lelah perjalanan Anda dengan setimpal. Ini adalah kota yang kaya akan sejarah, dengan sorotan arsitektur mulai dari Katedral Gotik terbesar di dunia hingga Istana Royal Alcázar yang indah. Pengalaman di sini tak akan mudah Anda lupakan dan selalu membuat rindu untuk datang kembali.

Sevilla berjarak 2,5 jam dengan kereta langsung dari Madrid. Perjalanan dari Paris atau Lisbon memakan waktu 12 hingga 13 jam.

Cologne, Jerman

Cologne
Cologne. (Emrecan Arik/Unsplash)

Cologne Jerman adalah perpaduan menarik antara tembok Romawi kuno dan gereja abad pertengahan. Menara kembar Katedral Kölner Dom adalah bagian ikonik. Pemandangan kota yang memukau dari Menara Selatan layak untuk didaki dengan 533 anak tangga. Di sini juga terdapat lonceng klasik terbesar di dunia dengan berat mencapai 24 ton.

Anda dapat melakukan perjalanan ke Koln dari London dalam 4,5 jam, berganti di Brussel. Dari Paris, perjalanan langsung memakan waktu tiga jam, menjadikannya pilihan ideal untuk liburan kereta Anda di Eropa.

Bordeaux, Prancis

Bordeux
Bordeux. (Arpad Czapp /Unsplash)

Disebut sebagai ibukota anggur Prancis, Bordeux siap memanjakan Anda dengan tampilan sejuk dan indahnya kebun anggur yang rapih dan cantik. Di sini Anda dapat mengunjungi beberapa dari ratusan perkebunan anggur aristokrat atau châteaux, untuk mempelajari lebih lanjut tentang proses pembuatan anggur dan menyicipi produk akhirnya. Jangan lewatkan untuk mengunjungi Museum Cite du Vin untuk mengenal anggur Bordeux. 

Bordeaux berjarak dua jam dengan kereta api dari Paris. Anda bisa sampai di sana dari London atau Amsterdam dalam waktu sekitar 5,5 jam dengan sekali ganti atau dalam 4,5 jam dari Brussel.

Wina, Austria

Vienna
Caption

Ibu kota Austria terkenal sebagai Kota Musik dunia berkat warisan yang meliputi Mozart, Beethoven, Brahms, dan Strauss. Kunjungi Musikverein yang terkenal di dunia, di mana Vienna Philharmonic Orchestra bermain, atau jelajahi pameran interaktif di museum Haus der Musik yang inovatif. Atau, temukan warisan kekaisaran yang ditinggalkan oleh Habsburg di Istana Hofburg, yang berasal dari abad ke-13 dan merupakan salah satu kompleks istana terbesar di dunia.

Anda dapat mencapai Wina dari Paris dalam 10 jam dengan sekali perjalanan, atau dari Brussel dalam waktu 11. Perjalanan langsung dari Frankfurt hanya membutuhkan waktu 6,5 jam. 

Menarik bukan? Tidak ada salahnya untuk merencanakan liburan ke tujuh kota di atas, setelah pandemi COVID-19 selesai di seluruh dunia.