Mau Liburan di Februari? Sejumlah Destinasi Wisata Ini Sudah Dibuka untuk Umum
Kolase destinasi liburan. (VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Meski pandemi COVID-19 masih menjadi momok di banyak negara, namun ada juga sejumlah negara yang sudah melonggarkan pembatasan dan menerima kedatangan wisatawan. Bahkan, ada yang sudah tidak memberlakukan karantina saat kedatangan, dengan syarat tertentu.

Negara-negara tersebut juga tidak lagi mencabut pemberlakuan jam malam, bar, restoran dan tempat wisata yang terbuka untuk wisatawan. Kendati demikian, tidak ada salahnya tetap menerapkan protokol kesehatan jika ingin berkunjung. 

Yang perlu diperhatikan, kendati terbuka untuk wisatawan, ada negara yang menerapkan 'perlakuan khusus' untuk wisatawan dari beberapa negara yang memiliki kasus COVID-19 cukup tinggi. Termasuk juga 

Berikut sejumlah negara di dunia yang bisa Anda kunjungi jika ingin relaksasi setelah lama terkurung pandemi, seperti melansir Euronews

Maladewa

Maladewa
Maladewa. (Mike Swigunski/Unsplash)

Pulau-pulau indah di Samudra Hindia yang membentuk Maladewa menawarkan air sebening kristal dan pantai berpohon palem, hutan hujan pegunungan dan surga bagi para perenang snorkel.

Restoran dan kafe di Maladewa buka dan bepergian antar pulau tanpa kasus aktif dimungkinkan. Tidak ada persyaratan karantina, kecuali bagi pelancong asal Inggris yang diharuskan mengisolasi diri selama sepuluh hari.

Wisatawan harus tinggal di pulau resor yang ditentukan dan tinggal di satu tempat selama liburan.Pengunjung juga harus memberikan hasil tes negatif dalam empat hari terakhir.

Zanzibar

zanzibar
Zanzibar. (Antony/Unsplash)

Pulau tropis di lepas pantai daratan Tanzania ini menawarkan pantai berpasir putih, mendaki Hutan Jozani, perjalanan perahu mengelilingi pulau dan makanan laut yang lezat.

Semua pengunjung akan diperiksa pada saat kedatangan dan hanya mereka yang menunjukkan gejala yang harus memberikan hasil tes negatif terbaru. Anda juga harus memiliki asuransi kesehatan yang valid. Restoran, kafe dan bar, serta bisnis dan atraksi lainnya tetap buka di Zanzibar.

Islandia

Islandia
Reykjavik, Islandia. (Evelyn Paris/Unsplash)

Datang ke sini, jangan lewatkan Aurora Borealis yang menakjubkan, bersantai di pemandian air panas, mencoba memanjat es di gletser Sólheimajökull dan Svínafellsjökull atau bersantap di salah satu dari banyak restoran ikan Islandia.

Anda dapat menghindari karantina selama dua minggu dengan menjalani tes di bandara. Meskipun hasil tes negatif, Anda harus mengisolasi diri selama lima hari sebelum melakukan tes kedua.

Tetapi jika Anda dapat membuktikan bahwa Anda telah terkena virus corona (dan sembuh), Anda dapat melewati pengujian dan karantina.

Meksiko

Meksiko
Palacio de Bellas Artes. (David Carballar/Unsplash)

Kunjungi keindahan hutan, pantai, kuil, dan cenote di Semenanjung Yucatan, Anda dapat menemukan budaya, sejarah, alam, dan masakan di Meksiko.

Meksiko terbuka untuk kedatangan dari semua negara, namun perbatasan dengan AS ditutup. Kedatangan mungkin harus dikarantina, tergantung pada hasil pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan suhu dilakukan saat tiba di Meksiko. Restoran dan bar di zona selain Zona Merah buka dengan berbagai batasan kapasitas.

Maroko

Maroko
Taghazout, Maroko. (Louis Hansel/Unsplash)

Dengan suhu musim semi yang lebih sejuk, inilah saat yang tepat untuk mengunjungi situs Marrakesh atau kota Batu Biru Chefchaouen di Pegunungan Rif. Anda juga dapat menjelajah ke Gurun Agafay dan Pegunungan Atlas, atau pergi ke pantai di Fez.

Restoran dan kafe di sebagian besar Maroko buka, begitu juga bisnis dan atraksi. PCR negatif diperlukan dan tidak ada persyaratan untuk karantina.

Kosta Rika

Kosta Rika
Jaco, Kosta Rika. (Nat Fernandez/Unsplash)

Diapit oleh lautan Karibia dan Samudera Pasifik, Kosta Rika memiliki sesuatu untuk pecinta alam dan pantai serta para pencari sensasi dengan hutan hujan yang rimbun, gunung berapi, satwa liar yang subur dan pantai tropis.

Perjalanan udara diizinkan dari semua negara tetapi sebelum masuk, Anda harus mengisi kartu kesehatan digital. Restoran dan bar beroperasi seperti halnya kebanyakan bisnis dan atraksi yang 

Terakhir yang tidak kalah penting, jangan lupa untuk memeriksa aturan kepulangan Anda karena Anda mungkin harus mengisolasi diri tergantung negara mana yang telah Anda kunjungi.