5 Destinasi Solo Traveling Akhir Tahun untuk Liburan Sendiri Asyik dan Berkesan
Destinasi solo traveling akhir tahun (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Momen libur akhir tahun tidak hanya cocok untuk agenda jalan-jalan atau tamasya bersama keluarga dan teman-teman. Anda juga bisa memanfaatkan waktu libur Natal dan tahun baru dengan melakukan solo traveling. Bagi Anda yang suka melakukan perjalanan sendirian, ada beberapa destinasi solo traveling akhir tahun yang bisa dipilih. 

Menikmati liburan akhir tahun dengan solo traveling bisa jadi kegiatan yang menyenangkan. Dengan menghabiskan waktu seorang diri, Anda bisa melakukan relaksasi sekaligus refleksi pada diri sendiri. Selain itu, perjalanan wisata seorang diri juga memiliki banyak keuntungan seperti bisa bebas mengeksplorasi banyak hal dan menambah pengalaman. 

Anda bisa mengisi liburan akhir tahun dengan plesir atau mengunjungi tempat-tempat wisata yang menarik atau belum pernah dikunjungi sebelumnya. Lantas mana saja destinasi solo traveling akhir tahun yang menarik untuk dipilih?

Rekomendasi Destinasi Solo Traveling Akhir Tahun

Pemilih tempat atau lokasi tujuan liburan menjadi hal yang sangat penting ketika Anda merencanakan solo traveling akhir tahun. Berikut ini rekomendasi beberapa destinasi solo traveling untuk liburan akhir tahun yang mungkin cocok bagi Anda.

Yogyakarta

Salah satu kota favorit di Indonesia untuk liburan akhir tahun adalah Yogyakarta. Dikenal sebagai kota pelajar, Yogyakarta menawarkan banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Di kota ini Anda bisa mendatangi berbagai pilihan wisata mulai dari wisata alam, sejarah, hingga budaya. 

Tugu Jogja menjadi ikon kota yang Yogyajarta. (Wikimedia)
Tugu Jogja menjadi ikon kota yang Yogyajarta. (Wikimedia)

Yogyakarta juga dikenal sebagai kota yang romantis untuk melewati malam pergantian tahun. Anda bisa menyaksikan pesta kembang api di sejumlah titik lokasi, seperti di Tugu, Malioboro, Bukit Bintang, dan lainnya. Pada siang hari atau keesokan harinya, Anda bisa jalan-jalan ke berbagai tempat seperti berkunjung ke candi, museum, pantai, wisata kuliner, dan sebagainya.  

Bandung

Bandung juga menjadi kota impian untuk tujuan liburan akhir tahun saat Natal dan tahun baru. Ibukota Jawa Barat ini cocok dijadikan destinasi solo traveling, apalagi bagi Anda yang menyukai tempat bernuansa sejuk dan dingin. Kota ini menawarkan banyak tempat wisata yang berada di dataran tinggi, seperti Lembang, Kawah Putih Ciwidey, Forest Walk, Orchid Forest Cikole, dan lainnya. 

Kota Bandung juga selalu ramai dengan perayaan kembang api saat malam tahun baru. Anda bisa mendatangi sejumlah titik yang menjadi pusat pesta kembang api, seperti di Jalan Braga, Alun-Alun Bandung, Gedung Sate, dan lainnya. 

Solo

Destinasi solo traveling terbaik lainnya yang bisa Anda datangi adalah Solo. Kota yang bertetangga dengan Yogyakarta ini dikenal sebagai tempat yang ramah bagi solo traveler. Dijuluki sebagai The Spirit of Java, kota ini menawarkan berbagai tempat wisata menarik yang akan memberikan pengalaman berkesan saat liburan akhir tahun.

Di Kota Solo, Anda bisa mengunjungi sejumlah tempat wisata budaya dan bersejarah. Selain itu, biasanya kota ini juga mengadakan berbagai acara seru dan menarik saat akhir tahun. Tak hanya itu, kota ini juga dikenal dengan biayanya yang rendah untuk kuliner dan berbagai keperluan sehingga bisa menghemat pengeluaran Anda. 

Bali

Banyak tempat wisata yang bisa dijelajahi di Pulau Bali, salah satunya  Pura Tanah Lot ini. (Wikimedia)
Banyak tempat wisata yang bisa dijelajahi di Pulau Bali, salah satunya Pura Tanah Lot ini. (Wikimedia)

Bali memang tak boleh dilupakan jika Anda mencari destinasi solo traveling untuk akhir tahun. Pulau Bali memang tak henti-hentinya menawarkan lokasi wisata yang seru dan menarik. Sebagai solo traveler di Pulau Dewata, Anda bisa mengunjungi berbagai kota yang terkenal akan budaya dan daya tarik alamnya. 

Beberapa kota di Bali yang selalu menarik minat para wisata yaitu Ubud, Kintamani, Kuta, dan lainnya. Anda bisa memilih ingin menikmati pengalaman wisata di pantai, pegunungan, atau tempat bernuansa budaya. Banyak tempat yang cocok bagi Anda yang ingin menyepi atau menghabiskan waktu seorang diri, bersentuhan dengan alam tanpa gangguan kebisingan. 

Lombok

Jika Anda ingin mencari destinasi solo traveling akhir tahun dengan suasana yang lebih damai dan tenang, maka Lombok adalah pilihan yang tepat. Pulau Lombok terkenal sebagai salah satu surganya Indonesia timur, sehingga dipastikan Anda akan mendapatkan pengalaman berkesan saat liburan di sini. 

Pulau Lombok memiliki banyak wisata alam yang masih asri dan menyuguhkan pemandangan mempesona. Di sini Anda bisa menjelajahi berbagai pantai yang indah, seperti Pantai Gili Air, Pantai Gili Trawangan, Pantai Pink, Pantai Senggigi, dan lainnya. 

Demikianlah rekomendasi beberapa destinasi solo traveling akhir tahun yang bisa Anda pilih. Anda bisa mendatangi salah satu kota atau lokasi di atas untuk menikmati liburan wisata seorang diri ketika Natal dan tahun baru. Baca juga destinasi solo traveling untuk wanita

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.