Destinasi Solo Travelling untuk Wanita, Berkeliling Sendirian di Kota yang Aman dan Ramah
Ilustrasi wanita solo travelling (Usnplash/Cristina Gottardi)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Berlibur sendirian atau menjadi solo traveler merupakan kegiatan yang menyenangkan. Sayangnya masih banyak wanita yang ragu bepergian sendirian ke kota lain karena mengkhawatirkan risiko keamanan. Di Indonesia, ada sejumlah destinasi solo traveling untuk wanita yang aman. 

Solo traveling sedang menjadi kegiatan yang banyak digemari saat ini. Tidak hanya dijalani oleh kaum laki-laki, namun juga dilakukan oleh para wanita. Banyak orang yang merasakan bahwa kegiatan solo traveling lebih menyenangkan dibandingkan liburan secara berkelompok atau ramai-ramai. 

Saat berlibur seorang diri, Anda bisa mengatur waktu, lokasi tujuan, hingga aktivitas secara bebas tanpa perlu mempertimbangkan persetujuan orang lain. Namun berlibur seorang diri perlu memperhatikan risiko keamanan yang bisa terjadi, apalagi bagi perempuan. Oleh karena itu, Anda perlu memilih destinasi liburan yang aman dan ramah bagi perempuan. 

Destinasi Solo Traveling untuk Wanita

Memilih tempat tujuan adalah hal penting yang harus dilakukan ketika ingin pergi berlibur. Ada sejumlah destinasi liburan yang cocok untuk dikunjungi wanita yang melakukan solo travelling. Berikut beberapa kota yang dinilai aman dan ramah bagi wanita untuk melakukan solo travelling. 

Yogyakarta

Kota Yogyakarta bisa menjadi pilihan destinasi solo travelling bagi wanita. Yogyakarta merupakan kota yang aman bagi traveler wanita. Masyarakatnya yang memegang teguh sopan santun atau unggah-ungguh tentunya akan memberikan keremahan dan kenyamanan bagi wanita yang berkunjung ke kota ini.

Selain terkenal sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga menawarkan berbagai tempat wisata yang menarik untuk didatangi. Bahkan wisata di Jogja terbilang lengkap karena ada kawasan pantai, dataran tinggi, wisata sejarah, hingga tempat kekinia. 

Solo

Solo yang berada tidak jauh dari Kota Yogyakarta juga juga cocok dijadikan destinasi liburan bagi wanita solo traveler. Masyarakat Kota Solo juga terkenal ramah dan sopan sehingga wanita bisa merasa tenang dan nyaman. Ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi saat berada di kota berjuluk The Spirit Of Java ini. 

Sejumlah obyek wisata di Solo sangat beragam, mulai dari Keraton, Benteng, Alun-Alun, Taman Sriwedari, kereta uap, dan sebagainya. Jika ingin berlibur ke dataran tinggi, Anda bisa menuju ke timur sedikit, yakni ke Gunung Lawu yang ada di Karanganyar. Selain itu, Anda juga bisa membeli oleh-oleh pakaian di Pasar Klewer dan pasar tradisional di Solo lainnya. 

Bandung

Tempat lainnya yang juga aman untuk wanita melakukan solo travelling adalah Bandung. Ibu kota Jawa Barat ini cocok bagi traveler yang ingin menikmati nuansa udara dingin nan sejuk. Bandung menawarkan sejumlah tempat wisata yang berada di dataran tinggi, seperti Lembang, Kawah Putih Ciwidey, Forest Walk, dan sejumlah tempat lainnya. 

Kawasan perkotaan di Bandung juga cocok untuk nongkrong santai menikmati suasana malam sambil jajan street food. Lantaran menjadi salah satu kota tujuan perantauan, ada banyak perantau dari berbagai daerah yang tinggal di Bandung baik untuk bekerja maupun kuliah. Jadi Anda bisa bertemu dengan banyak orang dan memiliki teman baru. 

Malang

Destinasi lainnya yang cocok untuk tempat berlibur wanita sendirian adalah Malang. Malang disebut sebagai kota yang aman bagi wisatawan wanita yang melakukan solo travelling. Ada banyak pilihan wisata yang bisa Anda kunjungi, mulai dari di perkotaan hingga pegunungan. 

Jika ingin menikmati suasana alam yang sejuk dan dingin, Anda bisa datang ke Kabupaten Batu, sebelah barat Kota Malang. Di sana terdapat objek wisata kebun buah, taman, dan view dari dataran tinggi. Jika ingin menikmati suasana kotanya, Anda bisa jalan-jalan di kawasan perkotaannya. 

Lombok

Apabila Anda ingin menikmati wisata pantai yang alami, maka Lombok adalah tujuan yang tepat. Kota Lombok di Provinsi Nusa Tenggara Barat sudah sangat terkenal dengan wisata alam pantai dan lautnya yang indah. Di sini, Anda bisa melihat hamparan pasir putih dan laut biru yang menakjubkan indahnya. Selain itu, Anda juga bisa membeli oleh-oleh kerajinan dan makanan khas Lombok yang menarik.

Kota Lombok dinilai aman bagi wanita yang melakukan solo traveler karena lingkungannya masih banyak yang alami pedesaan. Warganya yang ramah akan dengan senang hati membantu para wisatawan yang membutuhkan pertolongan. 

Demikianlah rekomendasi destinasi solo travelling untuk wanita. Sejumlah tempat di atas aman dan ramah bagi wanita untuk berlibur sendirian. Namun meski terbilang aman, Anda tetap harus safety dengan menjaga diri dan barang-barang bawaan untuk menghindari berbagai risiko buruk. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.