Warga Indonesia Terdampak COVID-19 Dapat Bantuan dari Komunitas Pesepeda di Inggris
WN Indonesia di Inggris dalam kegiatan Ride For Indonesia/ Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA – Sebagai wujud solidaritas, warga negara (WN) Indonesia yang ada di Inggris menggalang dana untuk warga yang terdampak COVID-19. Penggalangan dana bantuan dilakukan melalui kegiatan bersepeda Ride for Indonesia.

"Ini adalah salah satu wujud dari solidaritas kami,” ujar salah satu penggagas “Ride for Indonesia," Eastman Rivai mengutip Antara, Minggu 12 September.

Eastman menjelaskan, kegiatan bersepeda yang dilakukan bersama-rekannya bertujuan untuk mengenalkan Indonesia di Inggris. Momen tersebut, kata Eastman, juga digunakan untuk menggalang dana bagi masyarakat di Indonesia yang terkena dampak pandemi COVID-19.

Salah satu peserta “Ride for Indonesia”, Syaifuddin Ismail, mengatakan senang dan bersyukur bisa mengikuti kegiatan ini. 

“Senang karena kegiatan bersepeda yang kami lakukan secara rutin bisa menjadi medium penggalangan dana,” kata dia.

Bekerja sama dengan Human Aid Initiative (HAI), Ride for Indonesia melakukan penggalangan dana dengan menggunakan platform donasi crowdfunding di Inggris dan juga di Indonesia.

Hasil donasi tersebut disalurkan melalui program Food Aid, yaitu dengan pemberian paket makanan pokok bagi masyarakat yang paling terdampak di Indonesia.

Sementara itu, Direktur HAI, Nurani Susilo, menyambut baik inisiatif WNI di London untuk melakukan penggalangan dana melalui event bersepeda.

“Kami berharap kegiatan ‘Ride for Indonesia’ menginspirasi warga Indonesia di kota-kota lain untuk menggelar kegiatan serupa,” kata Nurani.