Kemajuan Program Nuklirnya Mengkhawatirkan, Kepala Staf Israel Percepat Rencana Operasional Terhadap Iran
Kepala Staf Militer Israel Letjen Aviv Kochavi. (Wikimedia Commons/IDF Spokesperson's Unit photographer)

Bagikan:

JAKARTA - Militer Israel mempercepat rencana operasionalnya melawan Iran karena kemajuan program nuklir Republik Islam, Kepala Staf IDF Letnan Jenderal Aviv Kochavi telah memperingatkan.

"Kemajuan program nuklir Iran telah membuat IDF mempercepat rencana operasionalnya dan anggaran pertahanan yang baru-baru ini disetujui dialokasikan untuk itu," ungkap Kochavi mengutip The Jerusalem Post Kamis 26 Agustus.

Kohavi berkomentar ketika Perdana Menteri Naftali Bennett mendarat di Amerika Serikat menjelang pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan pejabat senior lainnya. PM Bennett diharapkan selama kunjungan pertamanya ke Gedung Putih untuk mendorong Presiden Biden memperkuat pendekatannya ke Iran, membatalkan upaya untuk menghidupkan kembali Rencana Aksi Komprehensif Gabungan (JCPOA) 2015.

"Ketika kami mulai merencanakan kunjungan, kembali ke kesepakatan tampaknya pasti," kata PM Bennett menjelang keberangkatannya pada Selasa lalu.

"Sejak itu, waktu telah berlalu, presiden di Iran telah berubah dan segalanya tampak jauh lebih tidak pasti. Dalam pandangan kami, mungkin tidak ada kembalinya kesepakatan," sambung Bennett.

Dengan tidak adanya opsi diplomatik yang mungkin mendorong Teheran untuk menghentikan program nuklirnya, Kepala Staf Militer Israel percaya Iran perlu menyadari jika melanjutkan programnya, mereka akan menghadapi sanksi yang lebih keras dan opsi militer untuk menghentikannya.

Anggaran pertahanan 58 miliar nis Israel yang ditetapkan untuk IDF di tahun mendatang, diharapkan memungkinkan militer Israel untuk fokus pada ancaman yang ditimbulkan oleh Iran di seluruh kawasan, dengan beberapa 3,5 miliar nis ditunjuk khusus untuk ini.

Israel menganggap program nuklir Iran sebagai perhatian utama, meskipun Iran secara konsisten membantah berusaha membangun bom nuklir, ketegangan meningkat ketika Barat berusaha untuk melanjutkan pembicaraan tentang menghidupkan kembali kesepakatan untuk mengekang program nuklir Teheran.

Sebelumnya, Kochavi telah menjelaskan secara terbuka jika dia memandang JCPOA sebagai berbahaya, sehingga dia mengarahkan IDF untuk mempersiapkan rencana operasional baru untuk menyerang Iran guna menghentikan program nuklirnya jika perlu.

Untuk diketahui, Iran diyakini terus mengembangkan kemampuan untuk menghasilkan persenjataan senjata nuklir serta rudal balistik yang mampu membawa hulu ledak nuklir, di fasilitas nuklir miliknya.

Iran juga dilarang berdasarkan JCPOA untuk mentransfer senjata apa pun ke negara ketiga. Namun dengan memiliki lebih dari 1.000 rudal balistik jarak pendek dan menengah, mereka diduga terus menyelundupkan senjata ke negara-negara dan aktor non-negara seperti Hizbullah di perbatasan utara Israel dan Hamas di Jalur Gaza.

Iran memiliki beberapa jenis roket yang bisa mencapai wilayah Israel, termasuk Khorramshahr 2 dengan jangkauan hingga 2.000 kilometer (1.243 mil) dan Shahab-3.

Sementara, IDF telah mengakui ancaman rudal konvensional Iran merupakan perhatian utama bagi Israel. Meskipun memiliki pertahanan udara berlapis-lapis, ia mungkin tidak dapat menghadapi rentetan rudal intensif yang ditembakkan oleh Iran dan kelompok-kelompok proksinya, seperti Hizbullah di Lebanon atau milisi Syiah di Irak.

"IDF bekerja secara sistematis dan dalam berbagai cara untuk mengurangi pengaruh Iran di Timur Tengah," terang Kochavi.

IDF tahu bahwa komunitas internasional tidak tertarik pada perang dengan Iran, dengan setiap negara berurusan dengan masalah internalnya sendiri, seperti pandemi virus corona yang sedang berlangsung. Tetapi jika dorongan datang untuk mendorong, militer Israel memiliki semua opsi di atas meja untuk melindungi warganya.